Sejarah Hari Internasional Anti Uji Coba Nuklir

oleh -26 views
hari internasional

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tepat pada hari ini, 29 Agustus 2022 Dunia tengah merayakan hari internasional anti uji coba senjata nuklir. Memang banyak sekali ancaman yang membahayakan dari senjata nuklir, jutaan nyawa manusia serta mahluk lainnya terancam.

Pada pertengahan abad ke-20, hampir 2.000 nyawa melayang karena uji coba senjata nuklir pada tanggal 16 Juli 1945.

Pada awalnya, memiliki senjata nuklir di maksudkan sebagai ukuran dari kekuatan militer atau kecanggihan ilmiah. Namun, dalam perjalanannya, semakin banyak negara menyadari dampak merusak dari uji coba nuklir bagi kehidupan manusia.

Sejarah telah menunjukkan dampak pengujian senjata nuklir yang menakutkan dan sangat tragis. Terutama ketika kondisi sudah tidak terkendali, dan sudah jelas senjata nuklir saat ini menjadi kekuatan yang sangat destruktif.

Hal ini, yang menjadi alasan kuat bagi dunia untuk memperingati Hari Internasional Anti-Uji Coba Nuklir. Dengan tujuan agar dunia dapat berupaya secara terpadu dalam mencegah pengujian senjata nuklir.

Untuk mengakhiri segala bentuk pengujian senjata nukIir, pada tahun 1996 di keluarkan Traktat Pelarangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir (CTBT). Namun hingga kini belum dapat di sahkan berlakunya.

Baca juga: Hari Remaja Internasional untuk Gen Milenial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.