Socially Awkward! Si Malu yang Sulit Berinteraksi

oleh -55 views
socially awkward

Penyebabnya

Berbeda dengan kepribadian introvert yang bersifat tetap, hal yang di bawa sejak mereka kecil dan bertahan hingga dewasa. Kondisi ini dapat di atasi, karenanya pasti ada faktor yang membuat orang mengalaminya.

  • Pengalaman Masa lalu. Socially awkward bisa dipengaruhi oleh pengalaman traumatik. Misalnya, pengalaman dipermalukan di depan umum atau menerima respon lingkungan sekitar yang berlebihan ketika melakukan kesalahan kecil.
  • Teknologi. Terlalu sering melakukan interaksi online ternyata bisa jadi faktor perilaku socially awkward. Ketika berbincang secara online, orang-orang tidak perlu memerhatikan gestur maupun pandangan mata.
  • Anxiety Disorder. Seseorang yang memiliki gangguan kecemasan berpotensi mengalami kecanggungan sosial. Hal ini bisa terjadi karena otak pada penderita gangguan kecemasan bereaksi dengan cepat pada situasi yang tidak menyenangkan.
  • Pola Asuh. Socially awkward juga bisa disebabkan oleh pola asuh yang negatif. Contohnya, orangtua yang selalu mendikte anak, terlalu mengontrol, dan jarang menunjukkan kasih sayang.

Tips mengatasi Socially Awkward

1.Kurangi menghindar situasi canggung

Jika terus menghindar dari ketakutan, maka tidak akan pernah bisa menemukan solusi yang tepat. Terus menerus menghindar bisa memperpanjang perasaan takut.

2. Jadi pendengar yang baik

Jika ingin di terima dan di hormati orang lain, penting banget buat menghormati orang lain juga. Salah satu caranya adalah menjadi pendengar yang baik saat sedang berbicara. Dengan mendengarkan, juga bisa sekaligus belajar bagaimana orang-orang berusaha membangun interaksi yang baik.

3. Nikmati prosesnya

Ketika akan pergi ke sebuah acara, mungkin yang akan terbayangkan pertama kali adalah situasi disana, orang-orang yang akan di temui, atau juga memikirkan apa yang bisa jadi bahan obrolan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.