, ,

Sukun, Buah Dengan Serat Tinggi Kaya Akan Manfaat!

oleh -61 views
Sukun atau breadfruit yang memiliki serat tinggi cukup baik bagi kesehatan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sobat Zetizen mungkin pernah melihat buah Sukun satu ini di daerah kalian yang masih ada perkebunnanya atau pernah menjumpai di penjual gorengan. Buah Sukun memiliki serat yang tinggi dan bikin kenyang namun, dibalik serat yang tinggi tersebut. Buah satu ini memiliki manfaat bagi tubuh lho mau tahu manfaat ya? Yuk, simak penjelasannya.(tezz)

Sukun (Artocarpus altilis) merupakan buah dari pohon keluarga murbei (Moracae). Mempunyai nama lain seperti keluih, kulur, ketimbul dan timbul ini merupakan buah yang tidak berbiji dan memiliki tekstur yang empuk seperti roti setelah dimasak atau digoreng. Maka, orang-orang Eropa mengenal buah yang satu ini sebagai buah roti atau breadfruit.

Manfaat Sukun

Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat yang pertama yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Buah yang satu ini memiliki sumber kalium yang sangat baik. Buah ini membantu mengurangi tekanan darah dalam tubuh dan mengontrol detak jantung dengan mengurangi efek natrium.

Serta buah ini juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida, yang di mana merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung.

Baik untuk kulit

Dengan mengkonsumsi jusnya secara teratur. Dapat membuat kulit tampak bercahaya dan awet muda. Kemudian di susul dengan kandungan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang memberikan elastisitas pada kulit.

Mengatasi ketombe, gatal & rambut rusak

Manfaat selanjutnya adalah mengatasi ketombe, gatal-gatal dan rambut rusak. Sukun sebenarnya merupakan sumber asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat baik, yang memiliki kemampuan untuk mengkondisikan dan mengurangi kerusakan rambut secara alami.

Asam lemak  dalam sukun  mengatur produksi sebum pada kulit kepala dan mengurangi ketombe dan gatal-gatal. Ini juga mencegah peradangan kulit kepala, kematian sel, dan kerontokan rambut.

Mengurangi gula darah

Sukun mengandung banyak serat makanan yang  membantu mengurangi efek diabetes pada tubuh manusia. Dan buah ini merupakan hidangan sehat  bagi  penderita diabetes.

Sukun dapat memberikan asupan energi yang cukup

Asupan serat pada sukun  membantu mengisi tubuh  tanpa  asupan kalori. Ini juga  membantu menjaga tingkat energi yang efektif.

Membuat lebih nyenyak saat tidur

Breadfruit telah lama dikenal untuk membantu tidur  karena kandungan magnesiumnya yang tinggi. Kandungan ini merupakan mineral yang berhubungan langsung  dengan peningkatan kualitas, durasi dan kenyamanan tidur.

Sumber : id.wikipedia.org & merdeka.com

Baca juga : Bidara, Buah Dari Asia Selatan Yang Kaya Manfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.