, ,

Telkom University: Perancangan Infrastruktur Berbasis Enterprise Social Network

oleh -79 views

ZETIZEN RADAR CIREBON — Mahasiswa Telkom University melakukan Sosialisasi Perancangan Sistem Informasi Pengawasan dan Pengontrolan Proyek Infrastruktur Berbasis Enterprise Social Network Untuk Desa Banjarsari. (an)

Pada tanggal 9-10 Juni 2022, Mahasiswa dan Dosen dari Telkom University mengadakan acara sosialisasi terkait penggunaan aplikasi pengawasan dan pengontrolan proyek.

Mahasiswa dan Dosen dari Telkom University juga tidak lupa memberikan pengenalan dan pembekalan informasi terkait proyek dan cara penggunaan aplikasi pengawasan dan pengontrolan yang telah dirancang.

Hal ini bertujuan agar masyarakat Desa Banjarsari dapat memahami dan membantu dalam proses pengontrolan juga evaluasi terhadap proyek yang sedang berlangsung di daerahnya.

Sehingga, hal yang tidak diharapkan seperti penggelapan dana proyek infrastruktur dapat diminimalisir. Acara Sosialisasi yang dilakukan bertempat di Balai Desa Banjarsari juga di kantor PUPR Provinsi Banten.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengusulkan pengembangan sebuah Sistem Informasi Project Cost Management yang di dalamnya memfasilitasi aktifitas manajemen tugas, budgeting dan Monitoring proyek pembangunan infrastruktur.

Sistem tersebut berbasis web dan dipasang di cloud 15 sehingga semua pihak yang terlibat pada proyek termasuk masyarakat dapat menggunakannya melalui web browser biasa, tanpa harus instalasi aplikasi di perangkat komputer atau handphone.

Sebagai pemberdayaan masyarakat, perangkat desa akan diberikan aplikasi Project Cost Management di mana aplikasi ini dapat digunakan oleh perangkat dan masyarakat desa ketika mereka menyeleggarakan proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari dana desa.

Perangkat desa dan masyarakat diberi pelatihan penggunaan aplikasi Project Cost Management.

Aplikasi Project Cost Management ini memiliki pengguna berupa admin yang bertindak sebagai administrasi aplikasi termasuk input data; perangkat desa sebagai perencana, pemantau, dan pengontrol proyek.

Kontraktor sebagai pelaksana operasional proyek; konsultan proyek jika perangkat desa menunjuknya; dan masyarakat yang dapat melihat laporan perkembangan proyek.

Pihak-pihak yang dapat menggunakan sistem informasi Project Cost Management ini adalah pemilik proyek (Project Owner), konsultan manajemen proyek (project consultant), dan kontraktor.

Artikel berlanjut di halaman berikutnya.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.