Terwelu Arktik, Kelinci Penghuni Antartika

oleh -87 views
Terwelu Arktik yang tengah melihat kamera fotografer

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kelinci merupakan hewan mamalia vertebrata yang imut dan sering dijadikan sebagai hewan peliharaan bahkan bisa dikonsumsi. Sebagian Kelinci yang kita ketahui tinggal di hutan liar atau padang rumput. Namun, tahukah sobat bahwa ada kelinci yang hidup dilingkungan yang dingin yang bernama Terwelu Arktik yang tinggal di Benua Antartika. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak penjelasannya. (tezz)

Kelinci Arktik (Lepus articus) atau Terwelu arktik merupakan salah satu hewan tangguh yang hidup di wilayah beriklim dingin ekstrem.

Tempat tinggal di cuaca yang ekstrem

Terwelu mendiami daerah beku nan tandus di kutub utara dan dataran tinggi bebatuan dan pesisir tak berpohon. Dan kemudian  menggali lubang di tanah atau di bawah salju agar tetap hangat dan tidur.

Kemudian, di saat cuaca ekstrem seperti badai salju, kegunaan telinganya berfungsi sebagai penghangatan tubuh mereka agar tetap terjaga di tengah-tengah siulan angin sedingin es

Terwerlu Arktik berkumpul secara berkerumunan agar tetap hangat

Selama musim dingin, terwelu tidak melakukan hibernasi. Melainkan, mereka akan berkumpul dan berkerumun dalam kelompok yang bisa terdiri dari 10-60 ekor. Jika bergerombol, mereka bisa saling menghangatkan satu sama lain.

Perubahan Warna pada saat pergantian musim

Pada umumnya, hewan ini mempunyai  bulu berwarna keabu-abuan saat musim semi dan musim panas. Dan berguna bagi mereka untuk sulit di deteksi oleh predator karena serupa dengan warna bebatuan.

Dan saat musim dingin, bulu mereka akan berubah putih cemerlang layaknya salju. Tujuannya sama yaitu, membuat mereka mudah membaur di lingkungan sekitar supaya mudah lolos dari sorot tajam predator.

Memiliki penglihatan tajam dan bulu mata yang tebal

Terwelu arktik punya penglihatan 360 derajat. Jadi, secara teknis, mereka gak perlu menoleh untuk melihat apa yang terjadi di samping atau belakang tubuh mereka

Dan mereka punya bulu mata hitam tebal yang berfungsi hampir seperti kacamata hitam. Yaitu melindungi mata mereka dari sinar matahari yang terpantul oleh putihnya salju di sekeliling.

Terwelu Arktik merupakan pelari yang handal

Terwelu Arktik memiliki kaki belakang yang panjang dan kuat. Kaki ini memungkinkan mereka untuk berdiri kokoh di atas salju dan es yang tebal. Dengan kaki belakangnya, mereka juga bisa melompat seperti kanguru dengan kecepatan 48,4 km/jam. Jika berjalan dengan empat kaki, mereka bisa melaju lebih cepat lagi, yakni 64,4 kilometer per jam.

Terwelu arktik suka memakan kotorannya sendiri

Hewan ini suka memakan kotorannya sendiri, tapi ada alasannya yaitu karena tinggal di daerah yang superdingin. Beberapa dari makanan mereka sulit di cerna. Adapun, makanannya dwarf willow lumut-lumutan, hingga bangkai hewan.

Saat pertama masuk ke perut, makanan yang keras ini akan di hancurkan dan di cerna oleh bakteri. Begitu keluar, kotoran ini memiliki tekstur yang lembut dan lebih mudah di cerna karena sudah di proses terlebih dulu. Dan setelah itu, bisa melahapnya kembali dan mendapatkan nutrisi yang di butuhkan.

Sumber : idntimes.com

Baca juga : Persia, Jenis Kucing yang Banyak Disukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.