Ular Derik, Si Pembuat Berisik Yang Berbisa

oleh -204 views
Ular Derik sang reptil melata yang berisik

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ular, hewan melata yang memiliki sisik, berdesis, dan terkadang berbisa maupun tidak ini, merupakan hewan yang harus di jauhi sama sekali. Terutama Ular Derik yang satu ini. (tezz)

Ular derik merupakan kelompok ular mura berbisa dari anak suku Crotalinae dan tentunya dari keluarga Viperidae. Ular-ular ini di kelompokkan berdasarkan keberadaan organ cekungan yang terletak di antara mata dan lubang hidung mereka yang berfungsi sebagai sensor panas atau pengukur suhu alami.

Memiliki keunikan dari ular yang satu ini

Sesuai dengan namanya, ular derik. Setiap kali bergerak, ular ini mengeluarkan suara gemerincing dari ujung ekornya. Suara itu berasal dari zat keratin berongga raksasa berbentuk ruas di ujung ekor ular. Itu membuat suara keras ketika bergetar.

Suara gemerincing ini berfungsi sebagai penanda untuk menjauhkan musuh. Ular derik atau rattlesnake terlihat unik dan menarik dan merupakan salah satu spesies reptil melata yang paling berbahaya. Reptil ini umumnya memiliki racun paling mematikan dari banyak ular.

Asal dan Habitat Ular Derik

Ular ini paling banyak ditemukan di Amerika Tengah, Texas dan sekitarnya. Biasanya hidup di gurun atau padang rumput kering, tetapi beberapa spesies hidup di dekat perairan.

Pada musim dingin, hewan melata ini seringkali di temukan di bawah batu besar, lubang atau semacamnya. Namun, saat musim panas hewan berdarah dingin ini bisa di temukan di antara tanaman gurun. Atau bahkan berjemur di tengah jalan.

Ular Derik ini tentunya beracun

Berasal dari keluarga Viper yang berarti ular berbisa. Sekali gigit oleh ular yang satu ini, predator darat ini bisa melumpuhkan mangsanya. Racun yang mengandung hemotoxins ini mampu merusak sel darah merah.

Saat manusia digigit dari ujung taringnya, korban bisa langsung melemah. Sulit berbicara, bernapas dan penglihatan terasa kabur. Apabila korban gigitan ular ini tidak segera ditangani dan diberikan anti bisa akan berakibat pada kematian.

Paling banyak dicari dan sering dibunuh

Ini memiliki pola yang menakjubkan dan beberapa menemukan ular derik sangat eksotis. Tak ayal, banyak  yang memburu  hewan eksotik ini sebagai  koleksi atau peliharaan.

Dan beberapa makhluk mereka, yang dianggap berbahaya, membunuh ular ini ketika orang bertemu. Saat ini, keberadaan hewan melata ini berada di ambang kepunahan. Populasinya semakin menurun dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem  alam.

Sumber : merdeka.com

Baca juga : Blue-Ringed Octopus, Si Gurita Cincin Biru Yang Mematikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.