Ular Tikus, Ular Pemangsa Tikus Sahabat Manusia

oleh -623 views
Ular Tikus, hewan melata pembasmi hama tikus

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ular menjadi salah satu hewan yang ditakuti oleh manusia karena kebanyakan orang bilang semua ular itu berbisa. Namun, mungkin sobat bisa merubah pandangan tersebut jika suda bertemu dengan Ular Tikus yang satu ini. (tezz)

Ular tikus atau Ratsnake merupakan hewan melata dari spesies ular tidak berbisa (Colubridae) yang menyukai aneka jenis tikus liar sebagai makanan utama mereka.

Persebaran dan habitat Ular Tikus

Ular yang satu ini sebagian besar spesies tersebar di belahan bumi bagian utara termasuk di Indoesia. Mereka hidup di berbagai habitat mulai dari hutan hujan, daerah sekitar sungai, sabana, permukiman penduduk, perkebunan, persawahan, kuburan, bahkan tempat pembuangan sampah; Di manapun mereka dapat menemukan tikus dengan jumlah yang melimpah.

Menguntungkan bagi para petani

Ular jenis ini sangat menguntungkan bagi para petani di sawah dan perkebunan. Pasalnya mereka suka mencari tikus untuk dijadikan sebagai pakan mereka.

Terlebih tikus merupakan hama abadi bagi para petani yang suka memakan batang dan bulir padi mereka. Namun, sewaktu-waktu mereka juga memakan burung kecil atau burung gereja yang hinggap di padi.

Ciri-ciri ular tikus

Nah, bagi sobat yang ingin mengenali lebih dekat dengan melata yang satu ini. Berikut ciri-ciri yang bisa saya sampaikan :

  • Memiliki bentuk tubuh yang ramping, silindris dan gesit. Mereka membunuh mangsanya dengan memutar.
  • Seperti namanya, mangsa utama mereka adalah berbagai jenis tikus kecil, terutama tikus liar dan tikus domestik.
  • Mereka hidup di berbagai habitat, mulai dari hutan hujan, daerah di sekitar sungai, sabana, pemukiman, perkebunan, sawah, kuburan dan bahkan tempat pembuangan sampah.
  • Di mana pun mereka dapat menemukan banyak tikus. Oleh karena itu, keberadaanhewan melata ini selalu dianggap bermanfaat bagi petani dan tukang kebun karena  mengendalikan populasi tikus yang dianggap  hama.

Memiliki berbagai jenis ular tikus

Perlu di ketahui ya sobat. Ular yang satu ini memiliki berbagai jenisnya dan tentu saja tidak berbisa sebab mereka dari suku Colubridae, diantaranya :

Ular tikus Nusantara ( Coelognathus sp. )

Lintang Utara ( Elaphe sp. )

Asia Timur ( Euprepiophis sp. )

Ular Kelapa ( Gonyosoma sp. )

Dan segitu saja yang saya bisa sampaikan.

Sumber : id.Wikipedia.Org & pakguru.co.id

Baca juga : Capung Jarum, Si Predator Imut Kawan Para Petani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.