5 Filsuf Terkenal dengan Pemikiran Hebat

oleh -22 views
filsuf

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sekarang ini mulai banyak orang yang menerapkan kehidupan layaknya seorang filsuf. Mengadaptasi filosofi dari tokoh terkenal di masa lalu dan menerapkannya di masa modern ini.

Membahas tentang filosofi pasti tak akan lengkap bila tak menyinggung Aristoteles, seorang tokoh filosofi yang terkenal dengan pemikiran hebatnya. Ternyata ada juga Filsuf lain yang tak kalah bijak dengan Aristoteles, sepertii berikut ini.

1. Konfusius

Konfusius adalah filsuf Tiongkok yang hidup pada 551-479 SM. Ia menulis banyak teks klasik yang mencakup berbagai topik sosial dan dikenal sebagai Konfusianisme. Konfusius tertarik mewujudkan harmoni dan ketertiban masyarakat.

Lebih lanjut, Konfusius merancang sistem di mana tingkat yang lebih rendah harus memberikan kepatuhan kepada yang lebih tinggi. Mulai dari cakupan kecil (keluarga) hingga besar (bernegara). Imbasnya, budaya Tiongkok cenderung memberikan penghormatan terhadap otoritas dan usia.

2. Socrates

Socrates adalah filsuf Yunani klasik yang disebut sebagai pendiri dasar-dasar filsafat Barat modern. Ia lahir pada tahun 470 SM dari Sophronicus, seorang pematung, dan Phaenarete, seorang bidan.

Socrates mewariskan ‘metode Socrates’ yaitu dialog argumentatif kooperatif antar individu, di mana pemikiran kritis dirangsang dari bertanya dan menjawab pertanyaan.

Baca juga: Kalimat Confucius yang Bantu Hadapi Masalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.