7 Sistem Operasi Komputer yang Perlu Diketahui

oleh -79 views
komputer

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu seorang programmer atau gamer? Ternyata, sistem operasi komputer bisa memperihatkan profesi kamu. Sistem operasi sendiri adalah perangkat lunak yang berisi program untuk mengendalikan sistem yang ada pada perangkat komputer.

Sistem operasi memiliki peran penting supaya sistem yang ada dalam perangkat komputer bisa di operasikan. Untuk lebih mengetahui tentangnya, sobat bisa membaca jenis-jenis operasi sistem yang ada.

1. Linux

Sistem operasi yang satu ini pertama kali di perkenalkan oleh seorang programmer bernama Linus Torvalds pada 1991.

Linux menjadi salah satu sistem operasi favorit para programmer. Selain itu, Linux juga memiliki sifat open source yang berarti pengguna dapat memodifikasi dan mendistribusikannya secara bebas tanpa memerlukan lisensi.

Dengan sistem open source tersebut, Linux bisa memiliki perkembangan yang sangat pesat karena dikembangkan oleh banyak orang.

2. MS DOS

MS DOS atau Disk Operating System (DOS) adalah pendahulu Microsoft Windows yang kita kenal saat ini. DOS merupakan awal mula metode sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM.

DOS sudah ada sejak beberapa dekade yang lalu. Kemudian, jenis sistem operasi yang satu ini mengalami masa kejayaannya pada tahun 1980-an.

Salah satu kelebihan DOS adalah ukurannya yang kecil sehingga tidak memerlukan kapasitas penyimpanan (storage) yang besar. Selain itu, DOS juga bisa digunakan di berbagai perangkat.

Namun, DOS mengharuskan penggunanya melakukan perintah dalam bentuk teks sehingga pengguna perlu mengingat berbagai format perintah yang ada.

Baca juga: Sinopsis Film Criminal, Operasi CIA Hentikan Kasus Kejahatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.