8 September, Hari Literasi Internasional

oleh -47 views
literasi internasional

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap tanggal 8 September, seluruh dunia memperingati hari literasi internasional. Secara umum, literasi itu kemampuan dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu.

Literasi sama pentingnya dengan kita hidup, karena pengetahuan adalah sumber dari segala kemampuan. Untuk bisa melakukan sesuatu, kita perlu memiliki pengetahuan yang memumpuni akan bidang tersebut.

Apalagi untuk anak muda yang masih berkembang dan penuh dengan rasa penasaran. Literasi menjadi pundi-pundi kita generasi milenial untuk membuat inovasi kreatif ke depannya.

Kembali pada dasar, literasi sendiri sudah menjadi ilmu kita untuk berkomunikasi pada orang lain. Untuk itu, mari kita cari tahu kenapa 8 September di jadikan sebagai hari literasi.

Sejarah Hari Literasi Internasional

Hari Literasi atau Aksara Internasional ternyata di prakarsai karena adanya permasalahan buta huruf yang sanagat serius di berbagai negara, Bahkan tidak hanya pada negara-negara berkembang, namun juga negara maju layaknya Amerika Serikat.

Melansir laman National Today, akhirnya permasalahan mengenai literasi di bahas pertama kali pada konferensi global bertajuk. “World Conference of Ministers of Education on the Eradication of Illiteracy” yang di adakan di Teheran, Iran pada tahun 1965.

Dari hasil konferensi tersebut, akhirnya UNESCO pada tahun 1966 memimpin sekaligus mendeklarasikan bahwa setiap tanggal 8 September. Diperingati sebagai Hari Aksara Internasional atau International Literacy Day.

Ada dua tujuan utama dari ditetapkannya hari besar ini, yang pertama, bertujuan mengingatkan komunitas global tentang pentingnya literasi bagi individu, komunitas, dan masyarakat di seluruh dunia.

Kedua, Hari Literasi Internasional di peringati sebagai upaya menuju masyarakat yang lebih melek huruf demi menciptakan kesejahteraan dunia. Akhirnya, peringatan pertama baru berjalan satu tahun setelah di deklarasikan, yaitu di tahun 1967.

Baru pada tahun 2015, literasi menjadi salah satu poin yang di masukkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Suistainable Development Goals (SDG’s) di bidang pendidikan.

Perayaan dan Temanya Tahun 2022

Perayaan Hari Literasi Internasional tahun ini jatuh pada Kamis, 8 September 2022. Di lansir dari laman UNESCO, tema Hari Literasi Nasional tahun 2022 adalah “Transforming Literacy Learning Spaces” atau “Transformasi Ruang Belajar Literasi”.

UNESCO juga menyebutkan perayaan Hari Literasi Nasional tahun 2022 akan menjadi kesempatan untuk memikirkan kembali pentingnya ruang belajar literasi untuk membangun ketahanan dan memastikan pendidikan yang berkualitas, adil, dan inklusif untuk semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.