9 September, Ini Logo HAORNAS Tahun 2022

oleh -112 views
haornas

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kesehatan fisik memang menjadi asset paling penting dalam berkarir. Untuk itu, kita perlu memperhatikan pola makan, tidur, dan rajijn olahraga. Pentingnya aktifitas fisik seperti olahraga sudah menjadi peringatan nasional, yaitu HAORNAS.

Penetapan Hari Olahraga Nasional tidak lepas dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 9 sampai dengan 12 September 1948.

Sejarah Hari Olahraga Nasional

Penetapan Hari Nasional tak lepas dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON Ke-1) di Surakarta, Jawa Tengah, 9 September 1948. PON menjadi cikal bakal ditetapkanya Haornas.

Sebelum di tetapkan hari peringatan setiap tanggal 9 September, muncul beberapa usulan untuk memperingati tanggal 8 September. Dari situlah diadakan sidang Paripurna KONI XIII pada tanggal 16-17 mei 1983 di Senayan Jakarta.

Sultan Hamengkubowono IX yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum KONI Pusat mengusulkan bahwa peringatan Haornas pada 10 September.

Sidang tersebut memutuskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XI di laksanakan di Jakarta mulai tanggal 8 September sekaligus di tetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional.

Terdapat perbedaan mengenai pembukaan PON I di Surakarta. Pada buku kenangan PON II 1951 dan PON-PON selanjutnya, di sebutkan bahwa Pekan Olahraga Nasional pertama di surakarta di selenggarakan pada 8-12 September 1984.

Pada kenyataannya, tanggal 8 September 1948 adalah hari perjalanan bendera PON I yang di bawa dari Yogyakarta menuju Surakarta. Adapun, bendera tersebut tiba di Kota Surakarta pada tanggal 9 September 1948.

35 tahun kemudian, tepatnya pada 9 September 1983, Presiden Soeharto menetapkan Hari Olahraga Nasional saat meresmikan purnapugar Stadion Sriwedari. Sejak itu, Hari Olahraga Nasional di peringati secara resmi yang pertama kali pada tanggal 9 September 1983.

Makna Logo Haornas

Publikasi Logo Hari Oahraga Nasional Ke-39 Tahun 2022 ini di lakukan melalui laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, www.kemenpora.go.id.

Logo Hari Olahraga Nasional Ke-39 selanjutnya akan menjadi branding rangkaian kegiatan peringatan Haornas Tahun 2022.

Logo Hari Olahraga Nasional Tahun 2022 mengandung makna sebagai berikut.

  • Berbagai paduan warna merupakan simbol kolaborasi berbagai pihak sebagai kunci suksesnya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pada tahun 2022.
  • Gambar Sayap Garuda merupakan ikon Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur tempat pelaksanaan puncak acara Haornas tahun 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.