Audiens Jadi Tertarik, Tips Lancar Presentasi!

oleh -9 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengendalikan audiens saat presentasi adalah hal yang tidak mungkin. Tapi kita bisa mengubah atau memperbaiki cara kita presentasi agar penonton dapat lebih tertarik dengan konten yang kita bawakan.

Berikut ini ada beberapa tips agar presentasi kamu menjadi lebih menarik perhatina penonton.

1.      Kenali audiens

Kuncinya, bisa terlebih dahulu mengenali audiens. Lalu siapa yang akan mendengarkan presentasi? Rekan kerja atau atasan atau orang lain? Pahami apa topik yang dibawa apakah sangat ingin mereka dengarkan dan apa yang mereka harapkan dari presentasi.

Termasuk, mengetahui seperti apa audiens sehingga kamu tidak akan salah bicara atau terkesan sok tahu.

Identifikasi siapa audiens yang ada sehingga kamu bisa mengetahui gaya berbicara dan teknik penyampaian yang sesuai. Lalu pikirkan kemungkinan pertanyaan yang kamu hadapi. Termasuk gaya berpakaian.

2.      Susunlah presentasi

Tidak hanya untuk pemula, bagi kamu yang sudah sering presentasi juga harus bisa membuat struktur presentasi sendiri. Apa yang akan dibahas di pembukaan, isi yang akan diangkat, dan juga penutup presentasi yang tepat.

Buat dengan matang dan tentukan poin apa saja yang hendak disampaikan. Organize (susun) lah presentasi mu. Jadi di awal mau bicara apa, pertengahan apa, dan akhir itu apa. Sehingga, bisa tidak out of topic dan fokus pada inti presentasi.

Bila perlu susun ulang bahan presentasi hingga menurutmu dapat memudahkan penjelasan terkait kemungkinan pertanyaan yang akan kamu hadapi.

Baca juga: Gerak Tubuh Dalam Berbicara dan Presentasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.