Emotional Dumping: Sudah Curhat tapi Masih Sesak

oleh -27 views
emotional dumping

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saat kita memiliki segudang masalah, kesal, sedih, marah dan segala emosi negatif yang berkumpul membuat kacau pikiran dan hati. Memang curhat adalah salah satu solusi untuk hal tersebut, tapi bila tak di lakukan dengan benar, maka akan jadi emotional dumping.

Niat mau curhat dengan sehat (venting), tapi berakhir dengan tanpa hasil malah tambah buruk (dumping).

Venting vs. Emotional Dumping

Menjaga emosi tetap tertahan dapat menyebabkan ledakan emosi atau membiarkan kebencian mengendalikanmu. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengetahui cara mengekspresikan perasaan itu dengan tepat.

Misalnya, ada perbedaan antara melampiaskan frustrasi Anda dan membuang secara emosional pada keluarga atau teman.

Mendengarkan secara aktif adalah proses yang melibatkan komponen verbal dan nonverbal seperti mengajukan pertanyaan terbuka, memparafrasekan apa yang dikatakan kepada Anda, merefleksikan perasaan pembicara, memberikan kontak mata, dan mengangguk.

Baca juga: Tanda Kamu Emotional Sponge! Punya Empati Berlebih

Ketika Venting yang sehat terjadi, stres berkurang, perspektif meluas, kesepian berkurang, perasaan sejahtera meningkat, dan keadaan emosi seseorang mereda.

Sesi curhat paling positif ketika pendengar mendukung orang yang melampiaskannya dengan menunjukkan empati dan mendengarkan secara aktif.

Emotional dumping di sisi lain meliputi: merasa beracun, membanjiri pendengar dengan banyak masalah, pengulangan, menyalahkan orang lain, bermain sebagai korban, tidak bertanggung jawab, dan tidak terbuka untuk solusi.

Ketika Anda membuang secara emosional, Anda tidak menyadari keadaan emosi Anda sendiri dan keadaan pendengar. Emotional dumping tidak termasuk persetujuan pendengar dan mengabaikan penahanan dalam waktu, topik, dan tujuan.

Karena emotional dumping tidak menghormati persetujuan dan batasan pendengar, pendengar sering merasa lelah atau gelisah dengan interaksi tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Tempat Curhat

Komunikasi sangat penting dalam hal mengekspresikan kemarahan atau emosi intens lainnya. Mengetahui perbedaan antara melampiaskan dan membuang adalah awal yang positif untuk memiliki kejelasan dalam hubungan Anda.

Niat Curhat dengan Sehat, malah Tambah Sakit

Mencari solusi masalah tanpa mengabaikan keadaan pendengar akan membangun hubungan yang lebih sehat. Individu yang melakukan venting akan merasa didengar dan pendengar merasa diapresiasi atas bantuannya.

Ini berbeda dengan emotional dumpingyang menempatkan fokus hanya pada pencerita. Ia menganggap pendengar akan selalu ada untuknya.

Pendengar akan merasa kelelahan karena emosinya terkuras untuk selalu siap sedia mendengarkan. emotional dumping dapat menjadi penyakit atau toxic bagi kedua belah pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.