,

Fakta Unik Burung Blue Jay, Si Biru Yang Cerewet

oleh -297 views
Fakta-unik-burung-blue-jay-si-biru-yang-cerewet
Blue jay merupakan burung passerine dalam keluarga Corvidae asli Amerika Utara bagian timur. Ia hidup di sebagian besar Amerika Serikat bagian timur dan tengah.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Burung merupakan spesies hewan aves yang sudah ada sejak ribuan tahun. Hewan tersebut memiliki semacamam perbedaan dalam diri mereka seperti ada yang memiliki bulu yang indah, ada yang betubuh besar dan kecil, dan ada juga yang suka berkicau seperti burung blue jay satu ini. Ia terkenal dengan kicauanya yang terus menerus tiada hentinya dan memiliki beberapa fakta yang menarik dari burung yang satu ini, berikut rangkumannya yang bersumber dari situ a-z animals. (tezz)

Klasifikasi umum Blue Jay

Memiliki nama ilmiah Cyanocitta cristata. Blue jay merupakan burung passerine dalam keluarga Corvidae asli Amerika Utara bagian timur. Ia hidup di sebagian besar Amerika Serikat bagian timur dan tengah. Beberapa populasi burung ini diketahui bermigrasi.

Blue Jay ialah burung yang di kenal sebagai penghuni hutan dan sangat mudah beradaptasi serta cerdas di alam. Mereka dikenal mampu meniru panggilan elang, dan terkenal dengan panggilan “jay jay” nya.

Penampilan burung ini

Seperti namanya, burung ini berwarna biru. Namun, warnanya berasal dari pigmen coklat yang ada di bulu mereka. Burung itu tingginya sekitar 9 hingga 12 inci dan beratnya hanya sekitar 2,5 – 3,5 ons.

Pada bagian puncak kepalanya berwarna biru, sedangkan warna bulunya berubah menjadi abu-abu atau putih ke arah tenggorokan burung dan mantel abu-abu atau putih ini berlanjut ke dadanya dan selanjutnya ke perutnya.

Jambul di kepalanya berwarna biru keabuan, dan memiliki garis hitam dan putih di ekor. Serta sayapnya yang membuatnya dapat dibedakan secara unik. Pita hitam yang terlihat seperti kalung membentang di tenggorokan bagian bawahnya.

Baca juga: Fakta Unik Paok Pancawarna, Si Burung Cantik Yang Pemalu

Habitat Blue Jay

Burung ini sering di temukan di bagian timur dan tengah Amerika Utara. namun, di ketahui mereka memperluas jangkauannya ke barat. Mereka lebih suka hutan jenis konifera dan dapat di temukan di Kanada selatan selain Amerika.

Biasanya, burung ini di temukan di daerah hutan rendah dan suka hidup di pohon beech dan oak. Mereka juga sering  ada di taman kota dan dapat dengan mudah di kenali karena mereka salah satu burung yang paling berwarna dan paling keras.

Lanjutan artikel ini ada di halaman selanjutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.