,

Fakta Unik Kumbang Lepuh, Kumbang Yang Dapat Melepuhkan Tangan Manusia

oleh -277 views
Fakta-unik-kumbang-lepuh-kumbang-yang-dapat-melepuhkan-tangan-manusia
Kumbang blister adalah kumbang dari keluarga Meloidae, yang di sebut untuk sekresi pertahanan mereka dari agen terik, cantharidin.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebagai jenis binatang yang memiliki jumlah terbesar dan penyebaran tercepat di dunia, keberadaan serangga memang patut diwaspadai. Ada jenis serangga yang bermanfaat bagi manusia, Ada juga jenis serangga mematikan atau beracun yang  akan sangat berbahaya bagi manusia. Salah satunya Blitser Beetle atau dalam bahasa Indonesianya kumbang lepuh. Kumbang satu ini terlihat tak begitu berbahaya, namun ketika sobat hendak membunuh kumbang satu ini dengan cara menghancurkannya dengan tangan kosong, kulit sobat akan terkena lecet yang cukup parah. Selain bisa melepuhkan kulit manusia, ada beberapa fakta unik lainnya dari kumbang satu ini. Yuk, simak ulasan faktanya. (tezz)

Klasifikasi kumbang ini

Kumbang blister adalah kumbang dari keluarga Meloidae, yang di sebut untuk sekresi pertahanan mereka dari agen terik, cantharidin.

Nama kumbang ini pertama kali di namai pada tahun 1810 oleh ahli entomologi Swedia Leonard Gyllenhaal. Kumbang ini memiliki jumlah sekitar 7.500 spesies yang di akui di seluruh dunia yang tersebar di lusinan genera yang berbeda.

Mereka sebagian besar di tentukan oleh kemampuan mereka untuk menghasilkan zat kaustik yang di sebut cantharidin yang menghasilkan rasa sakit dan melepuh pada kulit.

Kumbang ini di temukan di hampir semua habitat hangat atau beriklim sedang di dunia dengan jumlah tanaman berbunga yang cukup untuk dimakan.

Baca juga: Fakta Unik Afghan Hound, Si Anjing Pemilik Rambut Panjang Dan Indah

Penampilan kumbang lepuh

Kumbang lepuh sedikit bervariasi dalam ukuran dan bentuk, tetapi sebagian besar spesies di cirikan oleh kepala yang lebar, dada yang sempit, dan perut yang sangat panjang, silindris, atau seperti bola. Mereka memiliki dua pasang sayap lunak, sangat kontras dengan sayap depan yang keras pada kebanyakan kumbang lainnya. Kumbang melepuh mengumumkan toksisitasnya dengan warna-warni yang berkembang.

Makanan kumbang lepuh

Kebiasaan makan kumbang blister berubah sepanjang siklus hidupnya. Sebagai larva, kumbang memakan lebah yang belum dewasa atau telur belalang, terkadang mengikuti orang dewasa kembali ke sarangnya. Saat dewasa, kumbang memakan bunga, nektar, dan daun tanaman. Target mereka yang paling umum termasuk tanaman hias dan sayuran.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikle lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.