Haus Validasi, Kenapa Orang Butuh Pengakuan?

oleh -229 views

Kenapa seseorang haus akan validasi?

Dorongan mencari validasi dari orang lain bisa jadi berawal dari pengalaman masa kecil. Seperti yang di lansir Psychology Today, mungkin semasa kecil kita mengalami penolakan akan perasaan kita.

Akhirnya kita tumbuh dengan persepsi bahwa kita nggak seharusnya memercayai perasaan kita dan harus mencari persetujuan dari orang lain. Bisa jadi akhirnya kita menjadi people-pleaser.

Bagaimana kita bisa mencari validasi yang sehat

Validasi yang paling baik buat diri kita adalah self-validation atau validasi dari diri sendiri. Ini agar kita tidak bergantung pada orang lain untuk merasa baik dengan diri sendiri.

Seperti yang di lansir PsychCentral, kemampuan mencari validasi dari diri sendiri akan menunjukkan bahwa kita telah berkembang, bukan lagi diri yang kekanak-kanakan.

Sebaiknya tidak mencari validasi dari media sosial karena validasi tersebut tidak akan memuaskan diri dan hanya bikin kita ingin terus mendapatkannya. Nggak menutup kemungkinan kita jadi melakukan sesuatu yang kurang etis demi memuaskan keinginan kita akan validasi dari orang lain.

Misalnya mempermalukan orang lain demi membuktikan diri benar hingga menggiring opini tanpa menghadirkan fakta actual.

Baca juga: Self Validation! 5 Tips untuk Lebih Menerima Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.