Jadi Smart People Tangani Mindset Biner

oleh -28 views
biner

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hari-hari ini, media sosial mempengaruhi pola pikir kita. Terutama pola pikir menjadi biner. Hanya mengenal dua hal; hitam-putih, lawan -kawan, sahabat-musuh. Ini tidak lepas dari konstruksi media sosial yang juga membentuk pola interaksi kita.

Di media sosial, kita diberikan pilihan yang sangat terbatas. Friend-unfriend, like-undislike, follow-unfollow. Tidak ada pilihan lain. Ini membuat konstruksi berpikir kita ikut menjadi biner.

Hanya ada dua pilihan. Media sosial membuat simplifikasi dalam cara berpikir kita. Sangat sederhana dan dangkal.

Menerapkan metode berpikir oposisi biner

Pola pikir oposisi biner layak diiklankan kepada masyarakat. Mengapa demikian? dikarenakan sederhananya pola ini dalam menangkal kekerasan dan perpecahan virtual violence.

Tak perlu naif mengatakan jika memang beberapa kekerasan dan perpecahan di media sosial sengaja dibuat lalu disebar-luaskan. Untuk menangkalnya bukan suatu perkara mudah.

Media sosial menyuburkan banalitas. Selain menjadikan kita berpikir biner, jika kita tidak hati-hati dan kritis, media sosial bisa mendorong psikologi kita untuk ikut-ikutan larut dalam provokasi. Hanya ada musuh dan lawan.

Baca juga: 3 Jenis Logical Fallacy yang Ada di Media Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.