Mengandung Tinggi Protein, Ini Manfaat Kedelai

oleh -18 views
protein

ZETIZEN RADAR CIREBON – Selain karena Bali, Indonesia juga terkenal akan makanan hasil fermentasi dari biji kedelai, tempe. Karena memiliki bahan dasar kedeai, tempe merupakan salah satu makanan penghasil protein yang tinggi.

Tapi di sini kita akan membahas kedelainya ya, sobat. Biji kedelai merupakan bahan makanan yang fleksibel  karena bisa di olah menjadi berbagai macam olahan. Seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan banyak lagi. Dan di balik kefleksibelan si kedelai, ia juga memiliki segudang manfaat.

Jika kamu memasukkan makanan kedelai dalam menu makan dan dietmu, pastikan kamu mengonsumsi dalam jumlah tepat dan konsultasikan dengan ahli gizi berapa banyak porsi protein kedelai yang harus di konsumsi untuk kesehatan.

Di rangkum dari laman boldsky.com, berikut sederet manfaat dari kedalai bagi tubuh kita :

1. Membantu membangun otot

Protein kedelai memberi banyak asam amino yang di butuhkan oleh tubuh kita. Di dalamnya mengandung asam amino (BCAA) yang terdiri dari 3 asam amino, yaitu leusin, isoleusin dan valin. Berbagai penelitian telah mengungkapkan BCAA membantu membangun otot.

Protein kedelai tidak seefektif sumber protein lain seperti whey, tetapi mengkonsumsi produk susu bersama dengan protein kedelai di temukan menjadi lebih efektif.

Baca juga: Perbedaan Orang Kaya dengan Pura-Pura Kaya

2. Membantu menurunkan berat badan

Sesuai studi, diet dengan kedelai dalam penurunan berat badan ternyata sangat efektif. Dalam beberapa penelitian, protein kedelai memicu penurunan berat badan yang sama efektifnya dengan produk berbasis hewani.

Sebuah penelitian yang di lakukan pada 20 peserta laki-laki obesitas di beri diet tinggi berbasis kedelai serta diet tinggi protein berbasis daging.

3. Pembangun jaringan dalam tubuh

Kedelai diakui sebagai penghasil protein terbaik saat ini, di mana protein memang di kenal sangat baik untuk proses pembangunan jaringan dalam tubuh.

Misalnya untuk pembangunan jaringan dalam tubuh. Misalnya untuk pembangunan otot, perkembangan sel-sel otak dan bisa meningkatkan daya ingat.

Baca juga: Selain Lezat, Es Krim juga Baik untuk Kesehatan

4. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium pada kedelai bisa membantu dalam proses pertumbuhan dan memperkuat tulang. Sehingga kedelai juga di sinyalir dapat membantu untuk mencegah osteoporosis, di mana osteoporosis adalah proses pengeroposan tulang dalam tubuh.

5. Menurunkan risiko kanker

Makanan kedelai mengandung isoflavon, yang mirip dengan hormon estrogen dan ini membuat orang berpikir bahwa itu bisa memicu berbagai jenis kanker sensitif hormon.

Tetapi American Cancer Society menyatakan, meskipun makanan kedelai mengandung isoflavon seperti estrogen, mereka memiliki sifat anti-estrogen.

Beberapa penelitian mengungkap bahwa orang yang mengonsumsi makanan kedelai kurang rentan terhadap kanker payudara. Kandungan serat yang ada dalam kedelai juga dapat membantu memerangi berbagai jenis kanker.

Selain manfaat yang sudah di sebutkan di atas, masih ada beberapa khasiat lain yang di miliki oleh kedelai, antara lain untuk melindungi jantung, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, menstabilkan gula darah, dan berbagai manfaat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.