Mengenal Pasif-Agresif! Di Balik Kata ‘Terserah’

oleh -62 views
pasif-agresif

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apa kamu bingung ketika pasanganmu berkata ‘terserah’ ketika sedang marah? Dalam dunia klinis dan psikologi, perilaku tersebut memiliki nama pasif-agresif. Menyetujui sesuatu secara verbal tapi menolak secara tindakan.

Apa itu pasif-agresif?

Dikutip dari Healthline, seseorang dengan perilaku-pasif agresif mengekspresikan perasaan negatif lewat perilaku, bukan mengungkapkannya secara langsung lewat kata-kata. Ini menciptakan jarak antara apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan.

Sebagai contoh, seseorang tidak setuju dengan sebuah rencana. Seseorang yang pasif agresif mungkin tidak akan membantah, tetapi diam-diam tidak mau mendukung apalagi menjalankannya. Pokoknya, “Terserah!”

Di kutip dari Rachrecovery, seseorang dengan perilaku pasif agresif pada level tertentu meyakini bahwa situasi hanya akan menjadi lebih buruk jika orang lain mengetahui perasaan negatifnya. Karenanya, ia akan memilih mengungkapkannya diam-diam lewat sikapnya di banding kata-kata.

Menarik diri dari diskusi dan percakapan lewat ungkapan ‘terserah’ atau ‘ya sudah’ adalah contohnya. Biasanya, di ikuti dengan ngomong di belakang.

Baca juga: 5 Perilaku Demotivasi yang Biasa Atasan Lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.