17 Oktober: Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional

oleh -34 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kemiskinan memang menjadi masalah sosial utama dalam setiap negara. Apalagi Indonesia yang masih menjadi Negara berkembang. Karena itu, dengan adanya hari pengentasan kemiskinan internasional semoga ekonomi ke depan semakin stabil.

Di lansir dari laman data.tempo berdasarkan data Badan Pusat Statistik, penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2022  26,16 juta jiwa.

Tidak heran, jika pengentasan kemiskinan masih menjadi salah satu fokus yang ingin di wujudkan oleh pemerintah Indonesia. Di mana pemerintah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi yang merata bagi seluruh masyarakat.

Terlebih lagi, kondisi pandemi Covid-19 yang kini masih berlangsung di berbagai negara berkontribusi dalam meningkatkan angka kemiskinan di dunia.

Dengan begitu, seluruh negara perlu turut berpartisipasi dalam Hari Pengentasan Kemiskinan Sedunia yang di peringati setiap tanggal 17 Oktober.

Baca juga: 5 Cara Cowok Pengangguran Menyibukkan Diri Mereka

Di mana setiap pemerintah di berbagai negara harus berupaya sebaik mungkin untuk menggerakkan kekuatan politik dan sumber daya untuk mengatasi masalah kemiskinan.

Melansir dari laman resmi BPS, kemiskinan di artikan sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran.

Dengan kata lain, penduduk yang masuk kategori miskin adalah mereka yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita setiap bulannya di bawah garis kemiskinan.

Jadi, maksud kemiskinan yang sedang kita bahas ini bukanlah ketidakberdayaan dalam memenuhi gaya hidup melainkan kebutuhan hidup seperti pangan.

Baca juga: Generasi Sandwich! Tanggung Beban Hidup 3 Generasi

Sejarah Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional

Peristiwa 17 Oktober merupakan tanggal yang di tetapkan sebagai Hari Pengentasan Kemiskinan Sedunia.

Awalnya, peringatan ini di mulai pada 17 Oktober 1987, di mana saat itu lebih dari 100.000 orang berkumpul di Paris, Prancis. Untuk menghormati para korban kemiskinan, kekerasan, dan kelaparan ekstrem.

Sejak saat itu, individu dan organisasi di seluruh dunia memperingati 17 Oktober sebagai hari untuk memperbarui komitmen bersama dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Kemudian pada Desember 1992, Majelis Umum PBB secara resmi menyatakan 17 Oktober sebagai tanggal Hari Internasional untuk Pengentasan Kemiskinan.

Pada bulan Desember 1995, Majelis Umum PBB memproklamasikan Dekade Pertama PBB untuk Pengentasan Kemiskinan (1997–2006), setelah KTT Sosial Kopenhagen.

Pada KTT Milenium pada tahun 2000, para pemimpin dunia berkomitmen untuk mengurangi setengah jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrem pada tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.