5 Hal yang Perlu Kamu Hilangkan dalam CV

oleh -14 views
cv

ZETIZEN RADAR CIREBON – Untuk kalian generasi muda yangsedang mencari pekerjaan! Meskipun kamu fresh graduate, banyak juga pesaing di luar sana yang mungkin saja memiliki pengalaman yang lebih dari kamu. Untuk itu, kamu perlu model CV yang menarik perhatian HRD.

Mungkin kamu terlalu bersemangat mencari kerja sampai-sampai semua identitas kamu masukkan dalam CV.

Padahal ada beberapa hal yang baiknya tidak kamu masukkan ke dalam CV karena akan terlalu padat informasi yang tak dibutuhkan. Dilansir dari CareerBuilder, berikut ini yang seharusnya di hapus dari resume. Simak yuk!

1. Hobi

Hobi memang bisa termasuk dalam biodata, namun bukan berarti kamu bisa memasukkannya dalam CV meskipun nantinya akan ditanyakan saat wawancara.

Pasalnya perusahaan melihat resume hanya untuk mencari satu hal : apakah pelamar tersebut bisa memenuhi syarat dengan jabatan yang ditawarkan.

2. Pengalaman kerja yang tidak sesuai

Pengalaman kerja bagi pelamar kerja memang sangatlah penting untuk dituliskan. Namun, tidak semua pengalaman kerja bisa di tuliskan pada resume jika pekerjaan tersebut tidak relevan dengan perusahaan yang kamu lamar.

Tentunya jika kamu melamar pekerjaan profesional di perusahaan besar, mereka tidak akan peduli jika kamu pernah bekerja di sebuah cafe.

3. Terlalu banyak informasi pendidikan

Memang pendidikan seperti gelar atau sertifikasi adalah hal yang selalu di perhatikan saat melamar kerja, namun kamu seharusnya menuliskan sedikit menuliskan pendidikanmu karena pengalaman, pengetahuan serta skill adalah hal yang paling menarik dan di butuhkan di dunia kerja.

4. Kebohongan

Kebohongan dalam artian kamu melebih-lebihkan pengalaman kerja atau berbohong tentang jabatan di perusahaan terdahulu. Jika kamu ketahuan berbohong, tentunya hal inilah yang bisa tidak meloloskan kamu dari lamaran pekerjaan.

5. Salah ketik alias typo saat membuat CV

Menurut Top Universities, kesalahan paling umum jobseeker ketika membuat resume adalah salah ketik alias typo.

Jika di ibaratkan, resume itu adalah wajah kamu yang akan pertama kali di lihat oleh tim rekruter. Barang salah satu huruf pun seharusnya tidak terjadi di tulisan yang sifatnya formal, apalagi CV.

Bayangkan kalau CV adalah wajah kamu, typo kurang lebih akan sama posisinya dengan garis eyeliner yang menukik terlalu tinggi ke atas saat wawancara. Mengganggu dan sangat berpengaruh sekali tentunya pada kesan pertama rekruter terhadap kamu.

Melamar kerja memang hal yang sulit untuk dilakukan mengingat banyaknya pesaing, namun bukan berarti kamu bisa dengan gegabah memasukkan semua hal yang tidak berhubungan ke dalam resume. Untuk itu sangatlah perlu kamu menghindari memasukkan keempat hal tersebut. Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.