5 Reaksi Otak saat Kamu Merasakan Patah Hati

oleh -44 views
patah hati

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hal yang di rasakan semua orang, patah hati menjadi rintangan emosi yang sulit untuk di lupakan. Di tinggal orang terkasih, tak di anggap oleh orang yang kamu sayangi, cinta bertepuk sebelah tangan, dan lain-lain.

Emosi yang kuat itu tentu sangat berdampak pada otak kamu. Rasa sakit yang muncul menyebabkan perbuhan—perubahan pada otak seperti yang di lansir dari idntimes berikut.

1. Meningkatnya aktivitas otak yang mencatat rasa nyeri fisik

Telah beberapa kali di sebut, rasa sakit secara emosional pada manusia terutama saat patah hati ternyata sama dengan rasa sakit atau nyeri fisik yang parah.

Hal ini di perkuat dengan penelitian menggunakan pemindaian fMRI (Functional Magnetic Resonance Imaging) yang mendeteksi perubahan aktifitas otak yang berkaitan dengan aliran darah.

Hasilnya, pada orang-orang yang baru putus cinta d itemukan peningkatan aktifitas otak terutama pada bagian anterior cingulate cortex, yaitu bagian yang bekerja terutama pada saat kita mengalami sakit fisik. Wah wah, sampai segitunya efek patah hati!

2. Peningkatan produksi hormon stres

Peningkatan aktifitas pada anterior cingulate cortex selanjutnya memicu pelepasan hormon kortisol dan adrenalin berlebih, yang tidak hanya menyebabkan stres, namun juga menimbulkan perasaan cemas dan depresi.

Baca juga: Menilik Fenomena Kesurupan Menurut Psikologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.