5 Tanda Kamu Sudah Dewasa Secara Mental

oleh -24 views
dewasa

ZETIZEN RADAR CIREBON – Menjadi dewasa bukan di lihat dari umur saja, tapi bisa kita lihat dari skap, cara berpikir, yang di bungkus dalam mental. Jika begitu apa saja ciri-ciri orang yang sudah dewasa secara mental? Berikut adalah jawabanya yang di lansir dari idntimes.

1. Mendengarkan lebih banyak, bicara lebih sedikit

Dibandingkan dengan orang dewasa, anak remaja memiliki lebih banyak hal untuk dikatakan dan karena itu mereka lebih suka bicara dibandingkan mendengar.

Sebaliknya, seseorang yang sudah dewasa biasanya lebih berhati-hati dalam bicara. Alih-alih banyak bicara, mereka lebih memilih untuk banyak mendengar.

2. Lebih banyak memaafkan

Semua orang pasti pernah merasa emosi atau marah kepada seseorang. Namun hanya mereka yang sudah benar-benar dewasa-lah yang bisa mengendalikan emosinya dengan baik. Mereka tidak mudah marah pada kesalahan sepele dan lebih memilih untuk memberi maaf.

Bahkan jika mereka benar-benar marah pun, setidaknya mereka tidak akan melampiaskan emosinya di depan banyak orang atau mengeluarkan kata-kata kasar yang tidak perlu.

Baca juga: Mengenal Ciri Orang dengan Mindset Problem Solving

3. Berpikir sebelum bertindak

Akan ada balasan untuk setiap perbuatan, termasuk jika itu perbuatan buruk sekalipun. Mereka yang sudah dewasa secara mental mengerti hal tersebut. Dan itulah alasannya kenapa kebanyakan orang dewasa selalu berhati-hati dalam bertindak.

Bahkan tidak jarang mereka membutuhkan waktu lama untuk berpikir sebelum memutuskan sesuatu. Bukan karena mereka lamban tapi karena mereka mempertimbangkan risiko yang akan dihadapinya besok.

4. Rela berkorban demi orang lain

Setiap orang memiliki kehidupannya sendiri. Mereka memiliki masalah, kebutuhan, urusan dan tujuannya masing-masing. Tapi kesibukan dalam hidup tidak membuat mereka melupakan orang di sekelilingnya. Orang yang benar-benar dewasa tidak akan pernah bersikap egois.

Mereka mengerti bahwa manusia itu saling membutuhkan. Bahkan tidak jarang mereka rela berkorban dan menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingannya sendiri.

Baca juga: Mendewasakan Diri Melalui Problematika Hidup

5. Kebahagiaan kamu tidak bergantung pada orang lain

Saat kita masih remaja, kita cenderung menginginkan banyak hal. Beranggapan bahwa pakaian yang bagus, uang yang banyak, atau rumah yang bagus membuat bahagia.

Saat kamu sudah dewasa, lambat laun kamu akan menyadari bahwa kebahagiaan tidak tergantung pada barang apalagi seseorang. Kebahagiaan justru datang dari diri sendiri dan hal-hal kecil yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.