5 Tips Mudah untuk Lebih Mengenal Diri Sendiri

oleh -23 views
diri sendiri

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saking sibuknya dengan orang lain, kita sampai lupa sama diri kita. SIbuk dengan kesalahan orang lain, pencapaian orang lain, privilege orang lain, dan kesalahan orang lain. Mudah untuk mengenal orang lain tapi sulit untuk mengenal diri sendiri.

Jadi pertanyaannya yang tepat untuk kali ini adalah seberapa kenal kamu sama diri kamu sendiri? Bila kamu masih bingung jawabnya Jadi, yuk simak penjelasan dari laman satupersen tentang cara mengenali diri sendiri berikut.

1. Evaluasi diri sendiri lewat orang lain

Pertama, coba evaluasi diri sendiri lewat orang lain. Beda dari biasanya, kamu bisa melakukan evaluasi ini dengan memerhatikan tabiat orang lain. Lebih tepatnya, aspek yang kurang disukai dari orang tersebut.

Bukan berarti kamu perlu melototin satu orang itu terus-terusan, ya. Nyatanya, semua orang cenderung memiliki sisi kepribadian yang kurang diminati. Termasuk kita sendiri.

Sebagai contoh, mungkin ada orang yang sering mengelak dari kebenaran atau sering kesulitan menentukan batasan pribadi. Jika kamu sendiri risih ketemu sama orang yang kayak gitu, coba cek diri sendiri.

Baca juga: Stop Nyalahin Diri Sendiri! Berdamai dengan Inner Critic

2. Kenali sisi kamu yang paling emosional

Siapa sih yang suka merasa sedih, malu, atau gugup? Mungkin jawabannya beragam, ya. Tapi, ada kemungkinan kamu paling nggak suka sama satu emosi.

Saking nggak sukanya, kamu rela melakukan apa pun untuk menghindarinya. Inilah yang disebut dengan emotional kryptonite. Kendati bahagia sesaat, cara ini nggak akan menenangkan diri sendiri sepenuhnya.

Ada kala di mana emosi ini sebenarnya ingin menyampaikan sesuatu ke kita. Akibatnya, terkadang rasa sakit itu muncul untuk menarik perhatian. Maka dari itu, sebaiknya mulai belajar cara menghadapi ketidaknyamanan dari sisi kamu yang paling emosional.

3. Baca buku-buku yang inspiratif

Umumnya, para penulis dianggap sebagai pengamat dunia yang andal. Pasalnya, kemampuan mereka untuk memperhatikan setiap detail dan fitur dalam hidup.

Bahkan, beberapa penulis terbaik memiliki keahlian dalam menjabarkan ulang sifat alami manusia. Oleh sebab itu, banyak pembaca yang tergerak dengan hasil rangkaian kata-katanya.

Semakin mahir dalam mengamati orang lain, berarti semakin sering kamu akan mengamati diri sendiri.

Baca juga: Mengenal ISFJ! Si Introvert yang Pengertian

4. Minta feedback dari orang lain

Perseners, seberapa sering sih kamu minta feedback dari orang lain? Mungkin saat ini kamu masih ragu buat menerima penilaian dari pihak eksternal. Padahal, meminta feedback adalah cara yang paling cepat dan efektif untuk meningkatkan diri sendiri.

Masih ingat dengan blind spot tertentu yang kita miliki? Di sinilah peran orang lain dalam memberikan feedback yang tepat. Pasalnya, hanya mereka yang bisa melihat secara langsung.

5. Belajar skill baru

Berikutnya, kamu juga bisa makin mengenali diri kamu lewat belajar skill baru. Dengan memahami hal baru, ini perlahan bakal mengubah cara kamu dalam berpikir dan bertindak. Mungkin awalnya ngerasa tak nyaman, tapi yakinlah hasilnya bisa berguna untuk diri sendiri pada waktunya.

Sebaliknya, jika terus-terusan terbiasa melakukan hal yang kamu bisa, ada kemungkinan ini memengaruhi rasa kenyamanan kamu. Jangan sampai ini menghambat kamu untuk lebih terbuka lagi, ya. Nanti ini juga bakal bisa membantu kita untuk lebih sadar terhadap tabiat dan keinginan pribadi.

Setelah membaca artikel ini, semoga kamu semakin tergerak untuk mengenali diri sendiri, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.