6 Tingkat Self Awareness yang Perlu Kamu Ketahui

oleh -50 views
self awareness

ZETIZEN RADAR CIREBON – Psikolog Shelley Duval dan Robert Wicklund mengusulkan definisi ini, self awareness adalah kemampuan untuk fokus pada diri sendiri dan bagaimana tindakan, pikiran, atau emosimu melakukan atau tidak selaras dengan standar internalmu.

Dan menurut dokter Jiemi Ardian yang dilansir dari Instagram @personalitydoc,  ada 6 tingkat kesadaran diri (self awareness) ketika sebenarnya kita bermasalah di dalam diri kita.

1.      Denial (Penolakan)

Pada tingkat pertama self awareness ada penolakan. Ketika seseorang sebenarnya punya masalah di dalam dirinya, tapi merasa kalau dirinya itu ga bermasalah. Kamu masih menganggap kamu benar dan ungkapan orang lain hanyalah gangguan untuk dirimu.

Belum menyadari apa yang salah dari diri kamu, dan mencoba meyalahkan orang lain akan masalah diri kamu. Biasanya pada tingkat ini, orang yang melakukan penolakan akan berkata “Ah, aku mah ga kenapa-napa, kok! Orang lain aja yang aneh.”

2.      Sadar, tapi ga sadar

Di level ini, orang mulai sadar kalau dirinya itu bermasalah, tapi masih bimbang antara iya dan tidak. Dalam tingkat self awareness ini, kamu mulai menerima perkataan orang tersebut bahwa kamu bermasalah.

Tapi dalam posisi ini kamu masih bimbang karena kamu masih meyakini diri kamu benar.

Contoh: “Iya juga, sih. Kayaknya aku memang ngerasain ini, deh, tapi masak iya? Apa bener?”

Baca juga: Self Awareness! Menyadari Betapa Pentingnya Hal Itu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.