, ,

Cuciwis, Sayuran Dari Keluarga kol Kaya Akan Manfaat!

oleh -231 views
Cuciwis segar yang siap dimakan
Cuciwis / Brussel Sprout merupakan sayuran satu keluarga dari kol dan sawi. Meski asing namun manfaatnya 11 12 sama dengan kerabatnya.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengkonsumsi sayuran merupakan salah satu cara untuk menjaga pola makan yag sehat. Salah satunya Sawi yang memiliki kadar vitamin yang tinggi. Memiliki daur yang agak lebar serta mempunyai warna hijau yang segar. Namun, pernahkah sobat melihat sayuran daun sawi dengan ukuran yang lebih kecil? Daun sawi dan kol yang lebih kecil biasa dikenal dengan nama daun cuciwis atau di Eropa disebut dengan Brussel sprout satu ini. Mungkin terdengar asing di telinga sobat. Meski asing namun, manfaatnya dari sayur  ini sangat beragam lho sob. (tezz)

Cuciwis
Contoh olahan cuciwis yang mudah diolah.

Cuciwis atau brussel sprouts merupakan sayuran dari famili Brassicaceae yang bentuknya mirip dengan sayuran kol. Hanya saja ukuran cuciwis lebih kecil, sehingga kerap disebut kol mini oleh kebanyakan orang. Dan berikut manfaatnya yang di kutip dari hellosehat.com.

Manfaat cuciwis untuk kesehatan

Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Dalam 100 gram cuciwis mengandung lebih dari 2 gram serat. Yang artinya jika sobat mengonsumsi serat dalam makanan dapat menjauhkan dari risiko sembelit. Sebab, serat makanan akan meningkatkan berat dan ukuran feses serta melembutkannya.

Serta serat juga akan menurunkan risiko Anda terhadap wasir (ambeien). Selain itu, serat dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan membantu kehidupan bakteri baik dalam usus.

Menjaga tulang tetap kuat

Manfaat selanjutnya yaitu membantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin K dari brussels sprouts memainkan peran penting ini. Dalam penyajian 100 gram, sayuran ini mengandung sekitar 170,3 mikrogram vitamin K.

Membantu menjaa berat badan

Brussels sprouts kerap menjadi salah satu bahan dalam menu makan orang-orang yang sedang menjalani program penurunan diet, misalnya salad.

Sebab, kandungan serat dalam cuciwis dapat menurunkan berat badan. Pada dasarnya, serat adalah salah satu bentuk dari karbohidrat kompleks.

Baca juga: Manfaat Kemangi Yang Perlu Kamu Ketahui

Mengatur kadar gula dalam tubuh

kandungan antioksidan dan serat dalam kol mini ini juga dapat memberi manfaat untuk kadar gula darah. Kandungan antioksidannya yang bernama asam alfa-lipoat dapat meningkatkan fungsi insulin untuk mengontrol gula darah. Sedangkan seratnya, terutama serat larutnya, dapat memperlambat penyerapan gula darah dalam tubuh.

Kaya akan antioksidan

Ada banyak makanan sumber antioksidan, salah satunya brussels sprouts satu ini. Sayuran ini tinggi kandungan kaempferol, jenis antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh karena sifat anti-peradangannya.

Mengatasi sinusitis

Kandungan klorofil dalam daun cuciwis sangat baik untuk mengatasi beberapa masalah infeksi pada tubuh. Salah satu infeksi yang dapat diatasi oleh kandungan klorofil dalam daun cuciwiws dapat mengatasi penyakit sinusitis yang dialami beerapa orang.

Baca lainnya juga:

Bidara, Buah Dari Asia Selatan Yang Kaya Manfaat!

Alur Singkat Dr.Romantic Episode 2

Social Facilitation! Bersama untuk Kinerja Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.