,

Fakta Unik Asian Giant Hornet, Tawon Mematikan Dari Jepang

oleh -220 views
Fakta-Unik-Asia-Giant-Hornet-Tawon-Mematikan-Dari-Jepang
Asian Giat Hornet merupakan subspesies tawon raksasa Jepang, dijuluki juga tawon pembunuh.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Asian giant hornet atau tawon raksasa Asia, yup, begitulah nama sebenarnya. Ia mempunyai nama ilmiah Vespa mandarinia. Tapi, mengapa ia sering disebut sebagai tawon pembunuh. Kenapa spesies ini mendapat reputasi yang menyeramkan semacam itu? Yuk simak fakta berikut dibawah ini. (tezz)

Penampilan asia giant hornet

Spesies yang satu memiliki ukuran tubuh yang rata-ratanya bisa tumbuh antara 2,7 cm dan 4,5 cm, dengan lebar sayap sekitar 7 cm. Pada sang Ratu dapat tumbuh hingga 5,5 cm tetapi penampilannya mirip dengan lebah pekerja dengan kepala oranye, rahang hitam dan tubuh hitam dan emas.

Lebah raksasa Asia memiliki dua pasang mata, satu mata majemuk dan satu oselus, keduanya berwarna coklat beserta kakinya. Tidak seperti spesies tawon lain, dan memang lebah, sengat lebah raksasa Asia tidak berduri dan karena itu tetap menempel pada tubuhnya setelah di gunakan. Dengan kata lain, Asian Giant Hornet mampu menyengat korbannya berulang kali, menyuntikkan racun kompleks yang di ketahui mengandung delapan bahan kimia berbeda.

Baca juga: Fakta Unik Biawak Hijau, Si Kadal Besar Berwarna Hijau

Dijuluki tawon pembunuh

Sejak pertama kali terlihat di Amerika Serikat pada tahun 2019. Lebah raksasa Asia telah menerima perhatian media yang luas, sebagian besar liputan tersebut menyebut tawon yang satu ini sebagai “tawon pembunuh.”

Penggunaan pertama nama ini berasal dari Jepang pada tahun 2008. Penggunaannya meledak setelah profil New York Times pada lebah pada Mei 2020 mengadopsi moniker “pembunuh lebah”.

Ia memiliki sengat yang bisa sangat menyakitkan bagi manusia. mereka membunuh sangat sedikit orang di seluruh Asia setiap tahun, dan di perkirakan lebah ini membunuh kurang dari 40 orang per tahun di negara-negara di Asia. Sebaliknya, ancaman terbesar dari spesies invasif ini adalah populasi di seluruh Amerika Serikat.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.