,

Fakta Unik Burung Albatross, Si Pemiliki Sayap Terlebar Di Dunia

oleh -313 views
Fakta-Unik-Burung-Albatross-Si-Pemiliki-Sayap-Terlebar-Di-Dunia
Albatross merupakan jenis burung laut besar dari keluarga Diomedeidae, serta dalam ordo Procellariiformes yang merupakan satu kelompok dengan Procellariidae, Petrel badai dan Petrel penyelam.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Burung merupakan salah satu  hewan yang  menarik untuk dipelajari. Makhluk yang dianggap sebagai keturunan langsung  dinosaurus ini adalah spesies yang sangat beragam. Dari burung terbesar yaitu burung unta, hingga burung terkecil, burung kolibri, semuanya memiliki keunikannya masing-masing. Lalu, bagaimana dengan burung dengan sayap terlebar  di dunia? Predikat itu sepertinya milik albatross, sejenis burung laut yang hidup di Samudra Pasifik dan Antartika. Berapa lebar sayap albatross? Apa ada hal unik lainnya yang ada dari burung satu ini? Ini penjelas lebih jelasnya. (tezz)

Klasifikasi umum burung albatross

Albatross merupakan jenis burung laut besar dari keluarga Diomedeidae, serta dalam ordo Procellariiformes yang merupakan satu kelompok dengan Procellariidae, Petrel badai dan Petrel penyelam.

Arti nama latin dari burung albatross

Bersumber dari lama website A-Z Animals. Burung ini emiliki nama latin Diomedeidae, nama latin tersebut berasal dari pahlawan Yunani kuno Diomedes, yang dikatakan telah berpartisipasi dalam Perang Troya. Menurut salah satu legenda, elang laut bernyanyi setelah kematiannya.

Karena klasifikasi albatros kontroversial, ada antara 13 dan 24 spesies, tergantung siapa yang menghitung. Misalnya, ahli taksonomi masih memperdebatkan apakah elang laut kerajaan adalah spesies tunggal atau dua spesies utara dan selatan.

Baca juga: Fakta Unik Kumbang Kuda Pelatih Setan

Penampilan albatross

Albatros  adalah burung bertubuh besar yang kuat dengan beberapa variasi warna putih, hitam, atau abu-abu. Paruh oranye atau kuning panjang berkait di ujungnya dan berisi banyak pelat bertanduk. Ia juga memiliki tabung di sepanjang sisi yang memungkinkannya untuk mengukur kecepatan udara dalam penerbangan.

Ciri fisik yang paling mengesankan adalah ukuran lebar sayap yang tipis. Dilihat dari ukuran sayapnya, Albatros besar adalah kelompok burung terbesar yang hidup di dunia, membentang 11 kaki dari ujung ke ujung. Beratnya mencapai 22 pon atau kira-kira seukuran angsa. Bahkan spesies yang lebih kecil memiliki lebar sayap sekitar 6,5 kaki, lebih dari kebanyakan burung.

Sayapnya kaku dan melengkung, karena Albatros jarang mengepakkannya. Sebaliknya, burung itu meluncur di atas angin laut untuk waktu yang lama dengan gerakan tubuh yang minimal. Itu merupakan adaptasi yang diperlukan, karena mereka memiliki banyak beban untuk dibawa-bawa.

Ini juga berarti mereka tidak dapat terbang dengan baik tanpa adanya angin. Tetapi keuntungannya adalah albatros hampir tidak mengeluarkan energi saat terbang.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga: