Fakta Unik Burung Bobolink, Memiliki Suara Merdu Namun Merugikan Petani

oleh -252 views
Fakta-unik-burung-bobolink-memiliki-suara-merdu-namun-merugikan-petani
Burung Bobolink merupakan jenis burung pemakan padi bercakar panjang dari Amerika Utara.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap spesies burung memiki beragam suara dan suara tersebut berfungsi sebagai alat komunikasi dan sebagai pemikat perhatian lawan jenisnya. Burung yang memiliki suara yang merdu biasanya sering dipelihara oleh pakar pecinta burung sebagai hewan ajak lomba. Bicara soal buru yang memiliki suara yang merdu, ada salah satu jenis burung yang memiliki suara merdu, namun burung satu ini sering merugikan para petani di sawah dan burung ini bernama burung Bobolink. (tezz)

Klasifikasi umum burung bobolink

Memiliki nama ilmiah Dolichonyx oryzivorus, burung Bobolink merupakan jenis burung pemakan padi bercakar panjang, tak hanya lebih dari itu. Burung hitam kecil ini, merupakan tanda musim semi dalam simbolisme burung, ia juga memakan banyak serangga  seperti ulat lapar, kumbang, dan semacam jenis kutu padi.

Penampilan burung bobolink

Penampilan Bobolink ini tidak biasa pada burung jantan nya memiliki bulu yang berwarna hitam di bagian bawah dan warna lebih terang di bagian atas. Hal ini membuat identifikasi dia cukup mudah, bahkan dalam penerbangan.

Pada jantan, remaja, dan betina yang tidak bertelur terlihat sangat mirip dengan burung pipit. Mereka sebagian besar berwarna coklat muda dengan garis-garis hitam dan garis-garis. Mereka semua memiliki paruh berbentuk kerucut yang bagus untuk memecahkan biji dan kacang yang keras.

Baca juga: Fakta Unik Sturgeon, Si Ikan Purba Penghasil Kaviar Yang Terkenal Mahal

Makanan burung satu ini

Boblinks merupakan omnivora yang  memakan biji dan serangga. Mereka mencari makan di tanah dan sangat tertarik pada serangga dan larva dari serangga selama musim kawin ketika anaknya membutuhkan protein hewani untuk pertumbuhan.

Anak burung bobolink diberi makan ulat, kupu-kupu, dan ngengat, sawflies, cutworm, armyworm, dan lalat capung. Selain  padi, mereka akan memakan biji yarrow, dock, mallow, dandelion, dan thistle Kanada.

Pada saat dewasa dan belum masa kawin, burung ini bergerak secara berkelompok menuju daerah yang ada sumber makanannya seperti padi, dan burung ini sangat merugikan para petani.

Lanjutan artikel ini ada di halaman selanjutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *