,

Fakta Unik Burung Great Potoo, Si Buruk Rupa Yang Pandai Menyamar

oleh -439 views
Great Potoo yang menakutkan namun mereka pemalu yang tidak suka menampakkan dirinya
Great Potoo, burung yang dijuluki "ghost bird" dan "hell bird' ini ternyata pandai menyamar.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Burung ini bernama burung Great Potoo. Ia memang bertampang tak seperti layaknya burung yang sering kita lihat. Matanya besar yang  melotot, tubuhnya cukup besar, kepalanya pun besar, dan paruhnya lebar. (tezz)

Burung Potoo merupakan jenis burung yang berhubungan dengan nightjars (burung nokturnal) dan frogmouths (Paruh lebar) dari keluarga Nyctibiidae yang memiliki nama ilmiah Nyctibius grandis.

Habitat Great Pooto

Dilihat dari kejauhan, kita sekilas hanya melihat cabang pohon yang terpotong. Namun, itu sebenarnya burung Great Photo yang tengah diam.

Burung satu ini merupakan jenis burung netropis yang tersebar di wilayah Amerika Tengah hingga Amerika Selatan, terutama Meksiko, Bolivia, Guatemala, dan Brazil. Great Potoo biasanya banyak di temui di sekitar hutan tropis dan lahan pertanian.

Bersumber dari Animal Diversity Web. Saat siang hari,  biasanya terlihat suka bertengger atau bersarang di pepohonan besar. Berbeda dengan malam hari, mereka biasanya lebih sering berpindah-pindah ke tempat bertengger yang lebih rendah untuk berburu mangsa.

Great Potoo selalu dihubungkan dengan hal yang menyeramkan

Great Potoo di anggap memiliki postur yang tidak lazim bagi seekor burung lainnya dan sering mengeluarkan suara yang mengerikan saat bulan purnama yang oleh masyarakat sekitar menganggap sebagai suara dari roh-roh yang sudah meninggal.

Matanya memancarkan cahaya memerah saat terkena sinar, maka dia pun masuk dalam daftar burung-burung paling menyeramkan. Maka tak heran jika burung satu ini mendapat julukan “ghost bird” atau “hell bird

Baca juga: Rusa Tikus, Rusa Yang Sering Di Fitnah Sebagai Pencuri Timun Ternyata Bukan!

Bisa melihat saat matanya sedang tertutup

Meski tampangnya menyeramkan. Namun, salah satu jenis burung ini memiliki keunikannya yaitu dapat melihat di saat matanya sedang tertutup. Burung ini memiliki ukuran mata yang cukup besar dan memiliki celah yang tidak biasa di bagian kelopak matanya. Maka dari itu ia dapat merasakan pergerakan dalam keadaan mata sedang tertutup yang dilansir dari Planet Save.

Great Potoo merupakan tipe burung kanibal

Selama kesehariannya, Ia biasanya dikenal suka memakan hewan-hewan berukuran kecil, seperti ngengat, kumbang, dan belalang. Namun ia akan berbeda saat malam hari tiba.

Yaitu suka memakan jenisnya sendiri dengan ukuran yang lebih kecil lagi darinya, Di saat ada kesempatan dan hanya berlangsung di malam hari yang dikutip dari Birds of the World via Ranker.

Potoo pejantan pun ikut andil dalam mengerami telur

Meskipun tampangnya buruk. Tetapi, ia merupakan hewan yang bertanggung jawab, baik betina maupun si pejantan.

Kebanyakan semua hewan yang bertelur, semuanya harus betina. Namun berbeda dari burung ini. “Ghost bird” merupakan jenis burung yang bersifat monogami dan mereka berbagi tanggung jawab saat mengasuh anaknya, terutama dalam mengerami telur. Burung jantan ternyata juga memiliki tugas mengerami telur saat siang hari. Kemudian saat malam hari, keduanya mengerami telur secara bersama-sama.

Baca lainnya juga:

Trik Psikologi agar dapat Mempengaruhi Orang

Lirik Lagu Otona Blue – Atarashii Gakko

Biografi dan Puisi Karya Muro Saisei

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.