,

Fakta Unik Celurut Gajah, Mamalia Kecil Yang Pemalu Asal Benua Afrika

oleh -248 views
Fakta-Unik-Celurut-Gajah-Mamalia-Kecil-Yang-Pemalu-Asal-Benua-Afrika
Celurut gajah atau lebih dikenal dengan istilah bahasa Inggris, elephant shrew, merupakan hewan mamalia berukuran kecil dengan pergerakan tubuh yang lincah. Hewan ini disebut celurut gajah karena memiliki hidung yang menyerupai hidung gajah.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sobat Zetizen apakah pernah mendengar atau melihat secara langsung hewan yang bernama Celurut Gajah yang satu ini? Celurut gajah atau lebih dikenal dengan istilah bahasa Inggris, elephant shrew, merupakan hewan mamalia berukuran kecil dengan pergerakan tubuh yang lincah. Alasan diberi nama tersebut, karena memiliki hidung yang menyerupai hidung gajah. Tikus gajah memiliki  tubuh dan ekor seperti tikus, tetapi para peneliti telah menunjukkan bahwa gen Tikus gajah lebih dekat dengan gajah daripada tikus. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak  berikut ini fakta-fakta menarik dari Elephant shrew yang harus kamu ketahui yang dilansir dari laman Britannica, animals.net dan a-z animals. (tezz)

Celurut gajah berasal dari benua Afrika

Memiliki nama latin Elephantulus. Habitat asli Tikus Gajah hanya terdapat di benua Afrika Timur. Seperti yang di laporkan di situs Encyclopedia Britannica, tikus gajah adalah rumah bagi total 20 spesies, seringkali di alam liar melalui daerah gurun pasir, semak belukar dan celah-celah batu. Di alam liar, Tikus bertahan hidup dengan memakan hewan kecil seperti cacing, serangga, laba-laba dan  invertebrata lainnya.

Baca juga: Fakta Unik Inca Tern, Si Burung Berkumis Menggemaskan

Penampilan celurut gajah

Tikus ini berukuran cukup kecil, biasanya panjangnya hanya 4-12 inci, kecuali ekornya. Ekor tikus gajah bisa tumbuh hingga 9 inci panjangnya. Spesies terbesar dari tikus ini  memiliki berat hingga satu setengah pon, tetapi sebagian besar spesies memiliki berat kurang dari satu pon. Melihat dengan perspektif, ini berarti bahwa rata-rata celurut gajah memiliki berat setara kaleng sup yang besar.

Secara umum, celurut ini memiliki bulu pendek, keras, mengkilap yang  mirip dengan hewan pengerat seperti tikus, dan warnanya sering bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya. Mereka ada yang memakai bulu hitam, abu-abu, cokelat, putih, cokelat, atau emas, dan spesies tertentu memiliki mantel kotak-kotak dengan banyak warna.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.