,

Fakta Unik Gharial, Buaya Eksotis Yang Terancam Punah

oleh -262 views
Fakta-Unik-Gharial-Buaya-Eksotis-Yang-Terancam-Punah
Gavial atau gharial, dikenal juga sebagai buaya pemakan ikan, adalah anggota ordo crocodilia dari famili Gavialidae, yang habitat aslinya di bagian utara anak benua India.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gharial merupakan jenis buaya  endemik  Asia Selatan, terutama dengan moncong  pipih. Pada umumnya buaya sering memiliki  moncong yang lebar dan kuat untuk menerkam mangsanya. Reptil dengan nama latin Gavialis gangeticus ini umumnya belum banyak diketahui  orang dan merupakan salah satu hewan teraneh di dunia. Tentunya menarik untuk melihat beberapa fakta dari Gharial ini, maka langsung saja simak yuk ulasannya ini. (tezz)

Klasifikasi umum dari gharial

Bersumber dari A-Z Animals, Gharial adalah reptil berukuran besar yang di temukan menghuni perairan keruh dari sungai yang bergerak lambat di anak benua India. Seperti anggota kelompok buaya lainnya, gharial adalah archosaurs yang merupakan kelompok reptil yang termasuk dinosaurus dan tidak berkerabat dekat dengan spesies reptil lain yang lebih modern yang sepenuhnya termasuk dalam kelompok tersendiri. Namun hari ini, gharial terdaftar sebagai hewan yang terancam punah karena penurunan populasi yang parah selama 100 tahun terakhir.

Anatomi dan penampilan gharial

Gharial berbagi sejumlah karakteristik dengan spesies buaya lainnya termasuk sisik keras seperti piring yang melindungi tubuh mereka dari sengatan matahari dan serangan predator. Gharial jantan memiliki pertumbuhan bulat di ujung moncong panjang mereka yang digunakan untuk membuat vokalisasi dan untuk meniup gelembung udara di dalam air yang penting dalam tampilan kawin mereka.

Baca juga: Ikan Hias Predator Dari Lembah Amazon Bucktooth Tetra

Gharial adalah hewan yang memiliki mata yang terletak di bagian paling atas kepala mereka yang memungkinkan mereka untuk tetap tenggelam dan tidak terlihat oleh spesies mangsa dan pemangsa potensial sambil tetap memungkinkan mereka untuk mengawasi lingkungan mereka.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.