,

Fakta Unik Glass Frog, Amfibi Bertubuh Transparan

oleh -129 views
Fakta-Unik-Glass-Frog-Amfibi-Bertubuh-Transparan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Katak yang dianggap sebagai salah satu spesis yang paling menarik amfibia yang mendiami planet ki.ta. Walau bagaimanapun, mereka tiada apa yang istimewa tidak berbeza daripada rakan-rakan mereka. Bagi kebanyakan orang, mereka hanya menjijikkan: sejuk, licin, basah. Walau bagaimanapun, sebagai spesies, mereka agak menarik, dan suram seolah-olah mereka menyembunyikan banyak perkara yang menarik. Seperti Glass Frog satu ini, ia memiliki tubuh yang sangat transparan sehingga kita bisa melihat isi organ katak satu ini. (tezz)

Klasifikasi umum glass frog

Nama ilimiahnya adalah Hyalinobatrachium dan di sebut glass frog. Semua spesies dalam genus ini memiliki peritoneum ventral yang benar-benar transparan. Peritoneum adalah membran berkilau yang melapisi organ perut. Karena bening, semua organ di dalam tubuh katak ini keliatan. Sebut saja tulang, usus, dan jantung. Kamu bisa dengan jelas melihat detak jantung katak ini.

Yang paling berbeda dari semua genus adalah Hyalinobatrachium yaku. Spesies ini memiliki keunikan berupa bintik hijau berwarna hijau tua dan jantung merah terang. Ini mengapa spesies ini bisa langsung di identifikasi begitu melihat bagian perutnya.

Baca juga: Ikan Hias Air Tawar Endemik Papua Ikan Rainbow

Habitat dan asal glass frog

Glass frog ini hidup di Amerika tengah dan Selatan, Hutan Amazon. Katak kaca ini hidup di Amerika tengah dan Selatan, Hutan Amazon. Katak kaca juga  dapat di temukan di Meksiko selatan dan di daerah yang di khususkan untuk melindungi keanekaragaman hayati sampai ke selatan hingga Panama, di mana mereka tidak di paksa untuk membuat adaptasi yang signifikan karena aktivitas manusia. Mereka umumnya di temukan di hutan hujan Kolombia, Kosta Rika, dan Ekuador.

Selain itu, mereka tinggal di Andes di Venezuela dan di pulau Tobago. Mereka di temukan di Bolivia. Beberapa spesies hidup di dekat sungai Amazon dan Orinoco, wilayah Guiana Shield, Brasil tenggara, dan bagian utara Argentina.

Selama musim kemarau, mereka hidup di atas pohon. Musim kemarau biasanya dari akhir November hingga April. Mungkin mulai sedikit hujan di bulan Mei, yang merupakan awal musim hujan. Hujan terberat biasanya terjadi pada pertengahan Agustus hingga November. Selama waktu ini, katak kaca memiliki musim kawin mereka.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Perilaku glass frog

Bersumber dari A-Z Animals. Katak kaca aktif di malam hari. Mereka komunal dan hidup dalam kelompok kecil. Sekelompok katak disebut “tentara. Mereka berburu makanan dari senja hingga matahari terbit. Ketika matahari terbit, mereka menemukan tempat untuk bersembunyi di pepohonan di bawah dedaunan di kanopi atas.

Mereka tidur sepanjang hari sampai hari kembali gelap. Setelah hampir menghilang ketika bersembunyi di pepohonan.Mereka tetap tinggi di pepohonan selama musim kemarau, jauh dari predator darat. Mereka hanya turun saat hujan.

Baca juga:

Cara kawin amfibi satu ini

Ketika musim hujan tiba, ia turun ke tingkat sungai untuk kawin. Katak jantan menjaga telur-telur betina yang telah dibuahi yang diletakkan di atas daun sampai menetas dan berudu jatuh ke dalam air.

Memiliki tubuh yang unik dan cantik

Katak ini menawan dan cantik, penampilannya hampir ajaib. Katak kaca biasanya kecil dan bisa muat di telapak tangan. Tubuhnya berwarna hijau limau di bagian atas dan transparan jika dilihat dari bawah, memperlihatkan semua organ dalam mereka.

Mereka mungkin juga berwarna putih dengan pola retikulat bintik-bintik kuning yang meniru penampilan telur di dalam betina. Di bagian belakang pejantan, pola telur ini membantu membingungkan pemangsa ketika pejantan menjaga telur yang telah dibuahi.

Baca artikel lainnya juga: