,

Fakta Unik Hiu Gergaji, Si Pemilik Moncong Gergaji Yang Hampir Punah

oleh -246 views
Fakta-unik-hiu-gergaji-si-pemilik-moncong-gergaji-yang-hampir-punah
Hiu gergaji merupakan spesies ikan air laut yang beradaptasi dengan perairan air tawar.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hiu Gergaji adalah ikan endemik yang hidup di Danau Sentani. Orang barat menyebutnya Largetooth Jawfish yang berarti ikan hiu bergigi besar. Ikan yang satu ini termasuk ikan air tawar dan berkembak biak dengan cara ovovivipar. Karena ikan yang satu ini merupakan hewan endemik, hewan satu ini mengalami kepunahan serta ikan yang satu ini mulai sulit dijumpai. Mengapa bisa punah? Mengapa bisa ovovivipar? Yuk, simak fakta-fakta berikut ini mengenai hewan yang satu ini. (tezz)

Klasifikasi umum hiu gergaji

Memiliki nama ilmiah Pristis microdon. Hiu gergaji merupakan spesies ikan air laut yang beradaptasi dengan perairan air tawar. Ikan ini lebih populer dikenal sebagai hiu gergaji Sentani, karena merupakan ikan endemik Danau Sentani, Papua dan tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Baca juga: Fakta Unik Ikan Barakuda Penghuni Samudra

Habitat dan persebaran hiu gergaji

Meski hewan endemik Danau Sentani. Namun, fakta di lapangan menunjukkan populasi anggota famili Pristidae yang bernama Latin Pristis Microdon ini menyebar di Australia, India, Papua Nugini, Afrika Selatan dan Thailand ini tergolong penghuni air tawar dan menyukai daerah tropis.

Biasanya mereka hidup di danau-danau besar, sungai besar atau rawa-rawa tertentu, di dasar perairan berlumpur pada kedalaman 40 meter dan perairan payau. Di Indonesia ikan hiu gergaji terdapat di Sungai Digul, Sungai Mahakam (Kalimantan), Sungai Siak dan Sungai Sepih.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.