,

Fakta Unik Hiu Goblin, Hiu Yang Memiliki Moncong Panjang

oleh -308 views
Fakta-unik-hiu-goblin-hiu-yang-memiliki-moncong-panjang
Hiu Goblin merupakan spesies hiu yang tinggal di pedalaman laut dan dijuluki tenguzame bagi orang Jepang.

ZETIZEN RADAR – Hiu merupakan sekelompok hewan dari superordo Selachimorpha yang memiliki kerangka tulang rawan yang lengkap dan tubuh yang ramping. Beberapa jenis hiu dari ordo selachimorpha yang kita ketahui di antara Hiu macan, Hiu pasir, Hiu putih, Hiu martil dan masih banyak jenis hiu lainnya.  Namun, ada salah satu jenis hiu yang unik dari bentuknya yakni Hiu Goblin. Mungkin dari sobat belum pernah dengar nama jenis hiu yang satu ini. Nah berikut beberapa fakta unik dari hiu goblin. (tezz)

Ukuran dan keunikan dari tubuh hiu goblin

Memiliki nama ilmiah Mitsukurina owstoni. Hiu Goblin merupakan spesies hiu laut dalam yang langka dan kurang untuk di pahami yang sudah hidup dari 250 juta tahun yang lalu. Memilki tubuh yang lembek dan sirip kecil, yang menunjukkan bahwa ia adalah bergerak lamban di alam.

Hiu ini dikenal dengan bentuk moncongnya yang panjang dan pipih. Kepalanya yang panjang dan rahang yang sangat menonjol juga menjadi ciri khas hiu yang satu ini. Hewan ini memiliki warna merah muda, yang muncul dari pembuluh darah yang nampak dari luar, dan campuran abu-abu.

Saat lahir, panjang hiu goblin sekitar 80 hingga 100 cm. Saat dewasa, jantannya berukuran 260 hingga 380 cm. dan betina hiu goblin memiliki tubuh lebih besar, yakni lebih dari 420cm seperti kebanyakan spesies hiu. Bahkan, beberapa spesies berukuran 620 cm juga pernah ditemukan.

Baca juga:

Memiliki beberapa nama panggilan

Hewan yang memiliki tubuh yang lembek dan tinggal di kedalaman ini ternyata juga memiliki julukan yang berbeda-beda di beberapa negara. Di Prancis hewan ini di juluki Requin Lutin yang berarti goblin shark, Mitsukurizame di Jepang, Squalo Goblin di Italia, hingga Squalo Folletto di negara kita Indonesia. Namun, nama hiu Goblin alias Goblin Shark yang berasal dari Inggris merupakan yang paling populer dan menjadi nama resminya.

Artikel selanjutnya ada di halaman berikutnya…

Baca lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.