,

Fakta Unik Inca Tern, Si Burung Berkumis Menggemaskan

oleh -166 views
Fakta-Unik-Inca-Tern-Si-Burung-Berkumis-Menggemaskan
Inca Tern merupakan hewan yang memilliki kumis berwarna putih dan berasal dari Amerika Selatan.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ada banyak burung di dunia ini dengan penampilan yang unik. Misalnya Shoebill, sejenis bangau yang paruhnya berbentuk seperti sepatu. Ada juga burung fregat, burung yang memiliki kantong merah besar  di bawah paruhnya. Ada juga Inca tern (Larosterna inca), yang merupakan burung asli Amerika Selatan dan memiliki “kumis”. Ingin tahu lebih lanjut soal burung satu ini? Yuk, simak fakta berikut di bawah ini. (tezz)

Ukurannya incar tern yang sedang dengan rentang sayap 80 cm

Seperti yang kita lihat pada gambar, inca tern merupakan burung berukuran sedang. Panjangnya sekitar 39-42 cm dengan berat 180-210 gram. Sementara, rentang sayapnya 31,5 inci atau sekitar 80 cm, tutur laman Just Birding.

Meski begitu, inca tern adalah yang terbesar di antara burung berjenis tern yang lain. Istilah tern merujuk pada burung laut yang terkait dengan camar dengan ukuran lebih kecil, ramping, sayap runcing panjang, dan ekor bercabang.

Baca juga: Fakta Unik Eland, Antelop Afrika Yang Terbesar

Penampilan inca tern

Warna burung yang satu sangat berwana dan terlihatt aktratif. Sebagian besar bulunya berwarna abu-abu gelap dengan bulu putih mengintip dari bawah sayap.

Ia memiliki ekor hitam panjang yang bercabang dua. Sementara, paruh, kaki, dan selaput kakinya berwarna oranye cerah, ungkap laman Just Birding.

Tentu saja, fitur tubuhnya yang paling menonjol adalah “kumis” yang melintang di wajahnya. Kumis ini terbentuk dari seberkas bulu putih yang “tumbuh” dari setiap sisi paruhnya. Baik jantan dan betina memiliki kumis yang baru tumbuh di usia dua tahun. Dan di bawah kumisnya ada bercak kuning cerah yang khas.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Inca tern merupakan pemakan ikan

Burung satu ini merupakan piscivore atau pemakan ikan, bukan serangga pada burung umumnya. Istilah ini mengacu pada  karnivora yang makanan pokoknya adalah ikan. Dari situs Just Birding menjelaskan.  Ikan teri adalah makanan favorit inca terns, tetapi mereka juga memakan ikan lain, plankton, dan krustasea seperti udang dan kepiting.

 Inca terns memiliki metode berburu mereka sendiri. Mereka  terbang di atas air dan mengejar mangsanya. Dan ketika Anda melihat mangsa di bawah permukaan air, Anda menyelam tajam dengan kecepatan tinggi dan menangkap mangsa dengan paruh  yang tajam.

Baca juga: Unik Eland, Antelop Afrika Yang Terbesar

Kondisi burung ini bisa ditentukan dari kumisnya

Menurut para ilmuwan, semakin panjang kumis inca tern, maka ia akan semakin sehat. Inca tern yang punya kumis panjang cenderung lebih mudah untuk kawin, menghasilkan lebih banyak keturunan, dan memiliki respons imun yang lebih baik, ungkap laman Amusing Planet.

Membuat sarang yang mnimalis

Bersumber dari A-Z animals. Inca  interns mengikis tanah dengan paruh mereka untuk membuat lekukan yang sangat dangkal. Lekukan ini berfungsi sebagai sarang mereka. Terkadang pasangan kawin membuat batas tipis ranting di sekitar lekukan. Sarang ini cukup besar untuk menampung dua telur.

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.