,

Fakta Unik Kadal Basilisk, Si Pelari Di Atas Air

oleh -418 views
Fakta-unik-kadal-basilisk-si-pelari-di-atas-air
Kadal Basilisk Si Pelari Di Atas Air Dari Amerika Tengah

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sobat zetizen pasti sudah pernah menonton serial anime yang sudah terkenal di mancan negara yaitu Naruto, iya kan? Nah, pasti sobat melihat scene yang mana para shinobi (ninja) termasuk Naruto yang bisa berjalan di atas air. Pasti sobat pun juga ingin berjalan di atas air layaknya ninja namun, sayangnya di dunia nyata belum ada yang bisa berjalan di atas air. Namun, ada salah satu hewan dari keluarga reptil yang bisa berjalan di atas air lho sobat. Nama hewan tersebut bernama Kadal Basilisk dan hewan ini merupakan cikal bakal kemampuan yang menginspirasi serial Naruto tersebut tetapi, bagaimana kadal tersbut bisa berjalan di atas air? Penasaran? Yuk, simak fakta berikut mengenai Kadal Basilisk. (tezz)

Deskripsi fisik dari kadal basilisk

Memiliki nama ilmiah Basiliscus basiliscus dan memiliki nama lain yaitu kadal Yesus Kristus, Kadal basilisk merupakan salah satu kadal yang paling terkenal di Amerika Tengah (Guatamala, Panama, dan El Savador). Kadal ini memiliki ciri khas berupa jambul yang menonjol di kepala seperti memiliki tanduk bercula satu serta punggungnya.

Pada basilisk yang sudah dewasa, mereka dapat tumbuh hingga 800 mm, yang 70 hingga 75 persen dari total panjang tubuhnya merupakan ekor. Ekor mereka yang besar tersebut berguna untuk membantu menjaga keseimbangan saat bergerak.

Kadal basilisk umumnya berwarna coklat atau zaitun (hijau ketuaan) tetapi bisa berkisar dari hijau cerah hingga perunggu. Hewan bertubuh panjang ini memiliki garis melintang yang lebih gelap dan bibir berwarna krem hingga kuning dan garis-garis lateral dan terlihat seperti pucat.

Kadal ini juga memiliki jari yang panjang dengan cakar yang tajam untuk memanjat. Kadal jantan umumnya lebih besar daripada betina dan memiliki jambul seperti layar yang didukung oleh duri saraf memanjang.

Baca juga:

Habitat dan asal kadal basilisk

Lokasi habitat persebaran kadal basilisk biasa atau coklat terletak di lereng Pasifik di Amerika Selatan bagian Tengah dan utara dari barat daya Nikaragua hingga Kolombia barat laut. Basilisk banyak juga terdapat di hutan dataran rendah Pasifik di Amerika Tengah dan merupakan kadal besar yang paling sering tampak di Kosta Rika bagian barat.

Kadal basilisk mendiami dataran rendah hutan yang kering dan lembap, dan biasanya berdekatan dengan saluran air, seperti sungai. Sebagian besar waktu kadal basilisk dihabiskan di tanah, di malam hari mereka akan tidur dengan bertengger di tempat setinggi 20 meter.

Artikel selanjutnya ada di halaman berikutnya…

Baca lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.