,

Fakta Unik Kepiting Biola, Si Crustacea Bercapit Besar Namun Hanya Sebelah

oleh -270 views
Fakta-Unik-Kepiting-Biola-Si-Crustacea-Bercapit-Besar-Namun-Hanya-Sebelah
Kepiting Biola atau Fiddler Crab  termasuk dalam filum Arthropoda, subphylum, Crustacea, kelas, Malacostraca, ordo, Decapoda, Infraorder, Brachyura, famili Ocypodidae, dan genus Uca.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kepiting Biola merupakan salah satu dari lebih dari 100 spesies kepiting yang hidup di darat dan laut. Paling sering ditemukan di sepanjang daerah intertidal laguna dan dataran lumpur, mereka juga dapat ditemukan di pantai berpasir. Sementara beberapa dari jenis mereka ada yang bisa beradaptasi di air asin, sebagian besar lebih suka air payau di sepanjang daerah intercoastal. Kepiting yang satu ini unik sebab memiliki capit berukuran besar yang hampir setara dengan tubuhnya, namun hanya memiliki satu pasang di lengan kanannya saja. Lalu mengapa bisa seperti itu? Ingin tahu lebih lanjut mengenai mereka? Yuk simak beberapa fakta berikut ini. (tezz)

Klasifikasi umum kepiting biola

Kepiting Biola atau Fiddler Crab  termasuk dalam filum Arthropoda, subphylum, Crustacea, kelas, Malacostraca, ordo, Decapoda, Infraorder, Brachyura, famili Ocypodidae, dan genus Uca. Ada 106 spesies kepiting fiddler yang diakui. Juga dikenal sebagai kepiting panggilan atau kepiting uca, mereka paling dekat hubungannya dengan kepiting hantu.

Penampilan kepiting satu ini

Bersumber dari A-Z Animals. Kepiting ini termasuk kepiting yang berukuran kecil (yang terbesar cuman sekitar 2-3 cm). Mereka memiliki ciri yang paling khas dari kepiting Biola yaitu perbedaan ukuran yang ekstrim antara dua capit pada jantan.

Jantan dari spesies ini memiliki tubuh yang lebih cerah, atau karapas, daripada betina. Biasanya berwarna biru hingga ungu-abu-abu, dengan bintik-bintik coklat atau hitam. Betina memiliki karapas coklat atau hitam yang lebih lembut.

Kepiting memiliki tubuh berbentuk persegi, karapas halus, dan tangkai mata yang panjang dan ramping. Spesies kepiting fiddler yang berbeda berkisar dari satu hingga dua inci panjangnya.

Baca juga: Fakta Unik Ular Terciopelo, Ular Paling Berbahaya Dari Amerika

Populasi dan persebaran kepiting biola

Kepiting biola hidup di banyak daerah di seluruh dunia. Di Amerika Utara, mereka tinggal di sepanjang pesisir timur (Atlantik barat), Teluk Meksiko, dan pantai barat (Pasifik timur). Mereka juga tinggal di Indo-Pasifik, bagian dari pantai Portugal, dan Afrika Barat.

Kepiting yang satu ini hidup di daerah berpasir atau campuran tanah pasir dan tanah liat. Mereka tidak dapat hidup di daerah dengan tanah liat yang padat, karena mereka perlu menyaring tanah untuk makanan.

Kebanyakan lebih suka air payau, yang merupakan kombinasi air tawar dan air asin, meskipun beberapa spesies hidup di daerah asin murni atau air tawar. Mereka paling umum di sepanjang daerah pasang surut di rawa-rawa dan dataran yang memberikan perlindungan dan sumber makanan yang melimpah.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.