,

Fakta Unik Kumbang Kotoran, Serangga Terkuat Di Muka Bumi

oleh -188 views
Fakta-Unik-Kumbang-Kotoran-Serangga-Terkuat-Di-Muka-Bumi
Kumbang kotoran merupakan kumbang jenis yang sebagian atau seluruhnya diberi makan kotoran. Serangga ini dapat mengubur kotoran 250 kali lebih berat daripada dirinya sendiri dalam satu malam.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Feses merupakan hasil buangan dari proses pencernaan yang terjadi pada manusia dan hewan. Feses tentunya menjadi material yang sangat menjijikkan dan bau. Tapi siapa sangka ternyata feses menjadi materi yang sangat penting bagi makhluk hidup lain. Salah satunya Kumbang kotoran menjadi serangga yang hidupnya sangat mengandalkan kotoran dari hewan lain, baik sebagai makanan maupun tempat tinggal. Selain itu, terdapat fakta menarik lainnya mengenai hewan kecil berwarna gelap ini. Apa sajakah itu? Langsung aja simak penjelasannya berikut. (tezz)

Klasifikasi umum kumbang kotoran

Kumbang kotoran merupakan kumbang jenis yang sebagian atau seluruhnya diberi makan kotoran. Serangga ini dapat mengubur kotoran 250 kali lebih berat daripada dirinya sendiri dalam satu malam.

Kumbang tersebut terbagi menjadi  tiga kelompok besar yaitu: penggulung kotoran, pembuat terowongan kotoran, dan penghuni kotoran. Roll, seperti namanya, akan menggulung kotoran menjadi bola dan mendorongnya kembali ke rumah mereka untuk memberi makan larva atau memakannya sendiri. Kadang-kadang, untuk menarik pasangan, jantan akan mencoba menawarkan betina bola kotoran terbesar yang bisa dia buat, mungkin sebagai demonstrasi kekuatannya.

Baca juga: Fakta Unik Burung Albatross, Si Pemiliki Sayap Terlebar Di Dunia

Penampilan kumbang kotoran

bersumber dari laman A-Z animals. Kumbang ini merupakan serangga kecil, berukuran antara setengah inci dan 2,5 inci, dengan cangkang yang cukup lebar dan sayap terbang panjang terlipat di bawah sayap luar yang keras. Mereka datang dalam berbagai warna, termasuk hitam, hijau metalik, dan merah.

Banyak pejantan memiliki struktur seperti tanduk di kepala dan dada mereka yang memungkinkan mereka bertarung satu sama lain untuk mendapatkan pasangan. Taji di kaki membantu mereka menggulung bola kotoran juga.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.