,

Fakta Unik Kumbang Kuda Pelatih Setan

oleh -251 views
Fakta-Unik-Kumbang-Kuda-Pelatih-Setan
Alasan di beri nama tersebut, sebab mengacu pada dua kelenjar bau putih di perut. Kumbang ini telah dikaitkan dengan Iblis sejak Abad Pertengahan sejak tahun 1840.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Serangga memiliki banyak jenis spesiesnya yang bisa kita temukan di lingkungan kita, ada yang menguntungkan bagi lingkungan dan ada juga yang dapat merugikan kita, salah satunya serangga yang bisa sangat merugikan ialah Kumbang Kuda Pelatih Setan, di dilihat dari namanya sangat mengerikan sebab menyandang nama “setan”. Mengapa ya bisa dinamai setan? Nah, berikut fakta unik yang bisa di lampirkan yang bersumber dari A-Z animals. (tezz)

Klasifikasi umum Kumbang Kuda

Kumbang kuda-kuda setan (Ocypus olens) adalah spesies kumbang tanduk panjang yang tergolong familia besar kumbang kelana (Staphylinidae). Nama ilmiah kumbang kuda pelatih Iblis adalah Ocypus olens.

Nama spesies olens, yang berarti “berbau” dalam bahasa Latin, mengacu pada kelenjar bau putih yang terletak di perut. Dari sekitar 20 spesies dalam genus, spesies ini mungkin yang paling terkenal dan paling banyak di pelajari. Keluarganya, merupakan kumbang kelana.

Penampilan kumbang kuda pelatih setan

Identifikasi kumbang yang satu ini mudah di kenali, karena penampilannya yang khas. Spesies ini di cirikan oleh tubuh yang tersegmentasi panjang dengan penjepit yang kuat, kepala bulat, dua antena panjang, dan ekor yang di miringkan atau terangkat.

Penutup sayap pendek dan hanya mencapai dada. Ia juga memiliki dua kelenjar putih di perut untuk melepaskan zat yang berbau busuk. Tubuh berwarna hitam yang relatif panjang (mencapai hingga 1,3 inci) dapat membuatnya tampak agak menakutkan.

Kelihatannya agak seperti kombinasi aneh antara semut dan kalajengking, tetapi seharusnya tidak di salah artikan sebagai hal lain selain kumbang. Tidak seperti kalajengking, ia tidak memiliki kemampuan menyengat sama sekali.

Baca juga: Fakta Unik Kura-kura Gurun Yang Bisa Hidup Sampai 80 Tahun!

Habitat kumbang satu ini

Kumbang kuda pelatih Iblis awalnya berasal dari Eropa dan Afrika utara, tetapi kemudian di perkenalkan ke Amerika Utara, Asia, dan sebagian Australia juga. Habitat umum termasuk padang rumput, hutan, lahan pertanian, padang rumput, dan kebun. Musim reproduksi mereka biasanya terjadi pada musim gugur.

Memiliki senjata perlindungan yang unik

Saat terancam, mereka menggulung ekornya dan mengeluarkan zat berbau busuk yang mungkin membuat jijik bahkan pemangsa yang gigih. Mereka juga dapat memberikan gigitan yang sangat menyakitkan dengan rahang bawah mereka, tetapi mereka tidak memiliki kemampuan untuk menyengat.

Menguntungkan bagi limgkungan

Terlepas dari kenyataan bahwa mereka dapat menggigit siapa saja yang terlalu dekat, kumbang kuda pelatih Iblis umumnya tidak dianggap berbahaya bagi manusia. Mereka juga tidak menyebabkan kerusakan ekonomi nyata pada properti. Bahkan, mereka bisa bermanfaat bagi orang-orang dengan mengonsumsi hama pengganggu lainnya.

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.