,

Fakta Unik Kura-kura Gurun Yang Bisa Hidup Sampai 80 Tahun!

oleh -181 views
Fakta-Unik-Kura-kura-Gurun-Yang-Bisa-Hidup-Sampai-80-Tahun!
Kura-kura gurun, adalah merupakan spesies kura-kura dalam famili Testudinidae (Spesies yang tinggal di darat). Spesies ini berasal dari Gurun Mojave dan Sonora di barat daya Amerika Serikat dan Meksiko barat laut, dan semak duri Sinaloan di barat laut Meksiko.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kura-kura merupakan hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut Testudines ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok yang keras dan kaku atau yang kita sebut tempurung. Meskipun hewan satu ini memiliki tempurung, namun ia juga butuh tempat berlindung yang sekirannya nyaman dan tidak ada predator. Salah satunya kura-kura Gurun yang tingggal di liang tanah. Penasaran mengaapa ia ingin berlindung di tempat seperti itut? Yuk, simak fakta unik seputar mereka. (tezz)

Klasifikasi secara umum

Kura-kura gurun, adalah merupakan spesies kura-kura dalam famili Testudinidae (Spesies yang tinggal di darat). Spesies ini berasal dari Gurun Mojave dan Sonora di barat daya Amerika Serikat dan Meksiko barat laut, dan semak duri Sinaloan di barat laut Meksiko.

Penampilan kura-kura gurun

Cangkang kura-kura gurun biasanya berwarna coklat atau abu-abu tanpa tanda warna-warni seperti yang sobat lihat pada kura-kura kotak yang mungkin sobat temukan di hutan. Tubuhnya memang memiliki pola garis yang memisahkan cangkang menjadi beberapa bagian, atau sisik. Bagian bawah cangkangnya berwarna kuning atau coklat muda.

Baca juga: Fakta Unik Kambing Kashmir, Kambing Asli India

Cara mendengar yang unik

Mereka memiliki gendang telinga yang terletak di leher mereka di bawah lapisan sisik. Ia bisa merasakan tanah bergetar dan suara-suara itu naik melalui kaki, cangkang, dan ke gendang telinga mereka.

Kura-kura gurun Suka sekali dengan menggali

Kura-kura ini banyak menggali! Mereka memiliki kaki depan yang kuat dengan kuku yang tajam dan kokoh yang membantu mereka membuat banyak kemajuan saat menerobos tanah yang kering. Kulit bersisik mereka melindungi mereka dari pekerjaan menggali berat yang mereka lakukan. Entah itu menggali terowongan untuk tinggal atau membuat alur di pasir untuk menangkap air hujan.

Lanjutan artikel ini ada di halaman selanjutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Bisa bertahan di suhu yang panas serta tidak mudah merasa haus

Kura-kura gurun menyimpan air yang membantunya hidup di lingkungan yang panas dan kering. Setelah meminum banyak air hujan, kura-kura gurun dapat menyimpan air ekstra di kandung kemihnya untuk digunakan kapan pun ia membutuhkannya. Serta cangkangnya yang lapang membantu reptil ini menjaga suhu tubuhnya tetap normal sehingga dapat beradaptasi dengan panas ekstrem di gurun.

Habitat kura-kura gurun

Kura-kura gurun hidup di bagian barat daya Amerika Serikat dan bagian barat laut Meksiko. Secara khusus, mereka tinggal di gurun Mojave dan Sonora. Lingkungan gurun ini memiliki suhu yang terkadang jauh lebih tinggi dari 105 derajat Fahrenheit dan curah hujannya sangat sedikit.

Baca juga: Fakta Unik Kambing Kashmir, Kambing Asli India

Di musim dingin, rumput yang dimakan kura-kura gurun menjadi sangat langka. Jadi, reptil ini pindah ke terowongan mereka dan masuk ke jenis hibernasi lain yang disebut brumation. Tapi, ketika musim semi tiba, Ia akan keluar dari terowongan mereka ke bawah sinar matahari untuk makan! Lalu Reptil darat besar ini menghabiskan waktunya sekitar 95% hidupnya di dalam terowongan di bawah pasir.

Jangka hidup yang sangat panjang

Bersumber dari laman A-Z Animals. Kura-kura gurun jantan dan betina dapat hidup hingga usia 80 tahun. Tentu saja, kura-kura gurun yang hidup di kebun binatang cenderung hidup lebih lama daripada di alam liar. Tinggal di kebun binatang berarti kura-kura tidak harus berurusan dengan predator dan memiliki persediaan makanan yang teratur. Kura-kura darat tertua yang tercatat bernama Jonathan. Dia diyakini berusia 185 tahun!

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.