,

Fakta Unik Lemur Terbang

oleh -314 views
Fakta-Unik-Lemur-Terbang
Lemur terbang merupakan hewan nokturnal sejenis tupai yang terdapat di Asia Tenggara. Nama ilmiahnya Cynocephalus variegatus, dan termasuk dalam ordo Dermoptera.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dari semua mamalia yang terbang dengan meluncur, termasuk Fyling Squirrel dan posum terbang, lemur terbang  yang paling mahir. Hal tersebut disebabkandari patagium mereka, selaput yang ditutupi bulu yang bertindak seperti parasail saat mereka meluncur dari satu pohon ke pohon lainnya. Selaput ini terhubung ke wajah hewan, keempat cakarnya, dan ekornya. Ia sulit ditangkap, hidup di puncak pohon, dan paling aktif di malam hari. Jika ingin tahu lebih lanjut, uk simak fakta berikut mengenai mamalia satu ini. (tezz)

Klasifikasi umum lemur terbang

Lemur terbang atau orang sunda menyebutnya Kubung, ia merupakan hewan nokturnal sejenis tupai yang terdapat di Asia Tenggara. Nama ilmiahnya Cynocephalus variegatus, dan termasuk dalam ordo Dermoptera. Hewan ini memiliki kulit tipis elastis yang terdapat pada sekitar kedua kakinya, sehingga ia mampu melayang dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Dalam bahasa Inggris, kubung dikenal juga dengan colugo atau flying lemur. Meskipun disebut dengan lemur yang dapat terbang, kubung bukanlah lemur dan tidak memiliki kemampuan terbang. Kubung termasuk herbivora.

Baca juga: Fakta Menarik Ikan Palmas Predator Perairan Afrika

Arti nama latin dari lemur terbang

Bersumber dari A-Z Animals. Sejauh ini, ada dua spesies lemur terbang. Nama ilmiah lemur terbang Sunda (Kubung) adalah Galeopterus variegates, dan nama ilmiah lemur terbang Filipina atau kagwang adalah Cynocephalus volans. Meskipun bagian “Galeo” dari Galeopterus tidak pasti, “pterus” berarti sayap, dan variegates adalah bahasa Latin untuk beraneka ragam, yang mengacu pada warna bulu hewan.

Cynocephalus berarti anjing berkepala dari bahasa Yunani, dan volans adalah bahasa Latin untuk terbang, sehingga namanya diterjemahkan menjadi “terbang, hewan berkepala anjing.” Urutan milik hewan, Dermoptera, berarti “sayap kulit.”

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.