,

Fakta Unik Owa Jawa, Spesies Primata Yang Sangat Setia Kepada Pasangannya

oleh -207 views
fakta-unik-owa-jawa-spesies-primata-yang-sangat-setia-kepada-pasangannya
Owa jawa adalah sejenis primata anggota suku Hylobatidae. Dengan populasi tersisa antara 1.000 – 2.000 ekor saja, kera ini adalah spesies owa yang paling langka di dunia. Owa jawa menyebar terbatas di Jawa bagian barat.

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Siapa sih yang nggak ingin memiliki pasangan yang setia? Tentu, semua orang ingin memiliki pasangan yang setia dan mencintai dengan tulus. Kesetiaan begitu penting dalam hubungan. Kesetiaan dan kesetiaan adalah dua hal yang tidak dapat dinegosiasikan dalam hal hubungan. Sama seperti hewan, hewan juga ingin memiliki pasangan yang setia baik jantan maupun dari betinannya contohnya seperti Owa Jawa yang satu ini yang sangat setia kepada pasangannya meski hingga salah satunya wafat dan berikut beberapa fakta menarik dari primata yang satu ini. (tezz)

Habitat owa jawa

Dari namanya saja kita sudah paham, bahwa satwa primata ini hanya bisa ditemukan di pulau Jawa saja. Jika pernah mengeksplorasi hutan hujan di pegunungan, seperti di Gunung Gede Pangrango, Gunung Slamet, Gunung Halimun, Gunung Prau, dan Taman Nasional Ujung Kulon, mungkin beruntung jika sobat Zetizen bisa bertemu hewan primata satu ini. Sebab mereka memang senang tinggal di area dataran rendah. Dengan kata lain, Owa Jawa senang dengan suhu yang lembap dan tempat yang minim cahaya matahari.

Bersumber dari  New England Primate Conservancy (NEPC), sebuah organisasi non profit di Massachusetts, United States, populasi Owa Jawa saat ini hanya mencapai sekitar 4100 sampai dengan 4500 tersisa. Itu setara dengan 900 keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan tiga anak. Mereka tersebar hanya di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Baca juga: Ikan Predator Berbahaya Berkepala Mirip Buaya Aligator Gar

Makanan primata satu ini

Owa Jawa paling suka mengambil makanan dari pohon berjenis pohon ara, salah satunya pohon buah Rao. Tidak hanya buah matangnya saja lho, bagian seperti buah mentah, daun muda, batang dan serangga yang ada di pohon buah Rao, juga akan dilahap olehnya. Karena mereka pun butuh asupan karbohidrat, protein, air, gula, serat dan lemak seperti kita.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca artikel lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.