,

Fakta Unik Paok Pancawarna, Si Burung Cantik Yang Pemalu

oleh -303 views
Fakta-unik-paok-pancawarna-si-burung-cantik-yang-pemalu
Paok pancawarna adalah spesies burung dari keluarga Pittidae, dari genus Pitta.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika ditanyakan tentang burung Paok Pancawarna mungkin hanya sedikit dari para pembaca yang mengenal ataupun pernah melihatnya di alam liar. Ya, hal ini wajar sebab burung Paok Pancawarna memang bukan bagian dari jenis burung ocehan yang umum dipelihara ataupun sering diikutkan dalam perlombaan. Namun, Burung satu sempat terkenal di tahun 1990-an dan sampai sekarang pun banyak orang yang memeliharanya untuk dijadikan burung pilihan para peliharaan karena saking cantik sert memiliki sifat yang pemalu. Penasaran mengapa dia bisa pemalu? Yuk, simak beberapa fakta unik mengenai si Paok satu ini. (tezz)

Paok pancawarna merupakan salah satu anggota kelompok spesies Aves (burung) dari keluarga Pittidae, dari genus Pitta yang memiliki nama ilmiah Pitta guajana. Mereka termasuk satwa liar yang di lindungi dan sekarang termasuk rendah menurut IUCN pada tahun 2016.

Morfologi dan Ciri-Ciri Paok Pancawarna

Ciri-ciri Burung Paok Pancawarna

Burung satu ini memiliki tubuh yang tergolong sedang seperti burung pada umumnya di seperti burung merpati. Selama ia tumbung dan berkembang bisa sepanjng 22 cm dengan bentuk badan agak berisi.

Warna bulunya bervariasi seperti  warna kuning keemasan, hitam pekat, cokelat tua, putih, dan biru tua. Namun, yang sering umum dlihat yaitu warna kuning keemasan dengan pola garis-garis hitam. Kemudian, pada kepalanya di dominasi oleh warna hitam pekat. Serta bagian dagu yang sedikit keputihan dan warna biru tampak di bagian leher dan atas ekornya.

Baca juga:

Habitat Paok Pancawarna

Burung Paok Pancawarna merupakan jenis burung ocehan endemik yang daerah persebarannya hanya terbatas di wilayah Semenanjung Malaysia, Sunda Besar dan hutan Indonesia saja seperti Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali.

Di alam liar biasanya burung ini mendiami hutan dataran tinggi atau pegunungan dengan ketinggian dapat mencapai 1500 meter di atas permukaan laut. Burung ini biasanya mendiami area hutan primer dan sekunder tertutup sebagai tempat tinggalnya.

Sewaktu bergerak di siang hari seringnya burung bercorak warna indah ini bersembunyi di balik lebatnya hutan dengan sesekali berjalan di tanah dan terkadang hanya mengeluarkan kicauannya saja maka tak heran jika burng ini sangat pemalu.

Baca lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.