Fakta Unik Tikus Kangguru, Tikus Mungil Yang Sempat Di Kira Punah

oleh -300 views
Fakta-unik-tikus-kangguru-tikus-mungil-yang-sempat-dikira-punah
Tikus kanguru, merupakan hewan pengerat nokturnal kecil dari genus Dipodomys, berasal dari daerah gersang di Amerika Utara bagian barat.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ketika sobat mendengar kata tikus, sobat berpikir tentang hewan pengerat yang suka merusak barang dan menyebarkan penyakit. Di sisi lain, ketika sobat mendengar kata kanguru, pasti memikirkan  mamalia yang suka melompat dan memiliki kantong di perutnya. Jadi, apa yang terlintas di benak sobat Zetizen ketika mendengar kata tikus kangguru? Ternyata, ada lho hewan bernama tikus kanguru ini. Ia adalah hewan pengerat seperti tikus dan memiliki kantung kecil di pipi yang digunakan untuk menyimpan makanan. Ada banyak hal menarik lainnya seputar tikus kanguru, untuk mengetahuinya, simak penjelasan fakta unik berikut ini. (tezz)

Ciri – Ciri Tikus Kangguru

Mengutip dari A-Z Animals, meskipun memiliki penampilan seperti tikus, namun tikus kanguru atau Kangaroo Rats bukanlah tikus. Tikus kanguru masuk dalam anggota keluarga heteromyidae, dengan kerabat terdekatnya adalah pocket gopher.

Kemudiann memiliki ekor yang panjang dan kaki belakang yang lebih besar daripada kaki depan dengan hanya empat jari. Ia memiliki mata yang sangat besar dan telinga yang sangat kecil.

Baca juga:

Ukuran tubuh tikus kanguru tergolong kecil, yaitu tidak lebih dari 130 gram. Tubuhnya ditutupi oleh bulu berwarna cokelat kekuningan dengan perut putih, sedangkan ekornya memiliki ujung putih yang mencolok.

Habitat dan Asal Tikus Ini

Memiliki nama ilmiah Dipodomys. Tikus ini berasal berasal dari daerah gersang di Amerika Utara bagian barat, tikus ini tinggal di gurun hingga ketinggian setinggi 2.133 meter di atas permukaan laut. Beberapa spesies tikus kanguru juga dapat ditemukan di semak belukar, dataran creosote, rawa, dan padang rumput terbuka.

Artikel selanjutnya ada di halaman berikutnya …

Baca lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *