Kenapa AC Sselalu Diletakan di Atas Ruangan?

oleh -19 views
AC

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saat cuaca sedang panas-panas gini, enaknya nantai di ruangan yang ada pendingin ruangannya. Tapi sadar ngga sih, sobat kalau AC kebanyakan itu di pasang di atas ruangan dan jarang ada pendingin ruangan yang di bawah? Kenapa seperti itu ya?

Air Conditioning untuk mengkondisikan udara

AC merupakan singkatan dari Air Conditioning. Sesungguhnya, AC mempunyai fungsi untuk mengkondisikan udara pada  ruangan agar ruangan tersebut lebih nyaman digunakan oleh manusia.

AC bisa juga berfungsi untuk mendinginkan mesin, misalnya ruangan server. Ruangan server berisi komponen-komponen elektronik yang tidak boleh overheat, maka peran pendingin ruangan ini sangat di butuhkan untuk mendinginkan komponen tersebut.

Lantas kenapa AC di tempatkan di atas? Mungkin ada yang berpendapat kalau di letakkan di bawah besar kemungkinan ia terkena banjir, tertendang, kemasukkan serangga, dan hal lainnya.

Pandangan awam seperti ini tidaklah begitu buruk karena masih dapat di terima akal sehat (hahaha). Namun pendapat tersebut jauh dari kata akurat (tidak relevan dengan konsep science), yang sebenarnya terjadi adalah karena perbedaan massa jenis (rho).

Baca juga: Tips Belajar Fisika Agar Lebih Mudah Dipahami

Di dalam suatu ruangan yang bersirkulasi, terdapat 2 gas zat yang mempunyai massa jenis yang berbeda. Beri saja nama mereka udara panas dan udara dingin.

Udara panas memiliki massa jenis yang lebih ringan di banding massa jenis udara dingin. Hal ini dapat di analogikan dengan matches (korek api).

Analogi korek api

Api yang di hasilkan oleh korek api memiliki massa jenis yang lebih ringan di banding massa jenis udara yang di sekitarnya (lingkungan).

Begitu juga dengan AC, ruangan yang awalnya panas, lalu tertiup udara dingin maka udara dingin akan berpindah dari atas ke bawah dan udara panas berpindah dari bawah ke atas.

Baca juga: Xenobot, Robot yang Mampu Reproduksi

Hal ini di sebabkan karena perbedaan massa jenis udara yang telah di sebutkan. Proses ini berlangsung secara terus-menerus dan berulang (cyclic). “Emangnya kalo AC di taruh di bawah ga bisa apa?”

Jawabannya tentu bisa, akan tetapi keefektifannya dalam ‘mengkondisikan ruangan’ menjadi hilang. Berdasarkan fenomena yang telah di paparkan,

Jika AC berada di bawah maka, udara dingin akan selalu berada di bawah dan udara panas akan selalu berada di atas sehingga tidaknya adanya proses sirkulasi udara.

Oleh karena itu, AC di tempatkan di atas agar dapat menyentuh seluruh ruangan, supaya nyaman di isi oleh manusia ataupun objek lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.