Kenapa Belajar Sadar Diri Itu Penting?

oleh -21 views
sadar diri

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu pasti pernah mendengar atau membaca kalimat seperti ini “percaya diri emang penting, tapi sadar diri lebih penting”. Tidak salah untuk percaya diri, tapi kamu perlu mengenal diri juga supaya nggak salah ambil keputusan.

Sadar diri bukan hanya tentang mengenal diri sendiri, tapi ini juga membantu kita menempatkan diri kita dalam posisi yang seharusnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini artikel kenapa sadar diri itu penting yang di lansir dari idntimes.

1. Menghindari kesombongan

Sebuah problematika yang selalu menyelimuti setiap orang adalah menahan perasaan tamak yang ada dalam dirinya. Mereka tidak sadar bahwa di atas langit masih ada langit. Kemampuan yang kamu miliki saat ini adalah sebagian kecil daripada skills yang di punyai oleh orang-orang hebat di dunia ini.

Semua yang ada di dunia ini pasti ada timbal baliknya karena hukum karma pasti berlaku. Jika kamu memulai perjuangan dengan kesombongan yang dapat di kategorikan sebagai hal buruk.

Maka tidak di pungkiri pula bahwa kemungkinan hasil yang akan kamu dapat kedepannya merupakan hal buruk juga.

Baca juga: Stop Nyalahin Diri Sendiri! Berdamai dengan Inner Critic

2. Dapat memunculkan sikap bijaksana

Dewasa tak bisa ditentukan oleh umur karena dalam realitanya saat ini ada banyak orang yang sudah berumur tetapi masih mengedepankan egonya. Mereka lupa bahwa pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Kedewasaan sangat penting di miliki karena hal itu bisa saja membantumu dalam meraih kebahagiaan diri. Salah satu cara untuk memunculkan sikap dewasa yang ada dalam diri adalah dengan membiasakan diri untuk selalu bijak dalam menjalani hidup.

Ketika kamu sudah memegang prinsip untuk selalu sadar diri, maka dirimu akan lebih bijaksana dalam memilih jalan hidup.

3. Tak ada pengharapan yang terlalu berlebihan

Semua hal yang di lakukan secara berlebihan tidaklah baik. Ingatlah bahwa perlu adanya batasan-batasan agar kamu tak lalai dan tidak keluar dari jalur perjuangan.

Baca juga: Jadi Diri Sendiri! Kamu Pemeran Utama dalam Hidupmu

Setiap orang di tuntut untuk memiliki sebuah harapan agar hidupnya bisa lebih bahagia. Namun tidak jarang pula orang-orang yang terlalu berlebihan dalam melakukan pengharapan tersebut.

Pengharapan terlalu berlebih tanpa di selingi sebuah kemampuan yang mumpuni pasti tak akan pernah terealisasi. Perlu adanya kesadaran terhadap kemampuan yang kamu miliki. Jangan terlalu memaksakan sesuatu jika kamu tak bisa melakukannya dengan maksimal.

4. Mendorongmu untuk selalu intropeksi diri

Setiap orang pasti memiliki hal-hal buruk yang ada di masalalu. Namun ingatlah bahwa jangan pernah lupakan masa lalu karena hal tersebut bisa menjadi ladang belajarmu untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Guru terbaik yang ada di dunia ini adalah sebuah pengalaman. Membiasakan untuk selalu sadar diri dapat membuatmu bisa memperhitungkan sebuah kesalahan yang sama karena hal buruk bisa terulang.

Jangan pernah lalai untuk selalu sadar diri jika kamu ingin merasakan kebahagiaan yang abadi.

5. Menghindari sakit hati

Kamu pasti memiliki tekad untuk bisa merealisasikan mimpi namun terhalang oleh takdir yang tak membolehkanmu berada di situ. Tekad yang berlebih biasanya di selingi dengan perjuangan untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

Namun kamu harus ingat bahwa semua hal di dunia ini tidak ada yang sifatnya instan. Cobalah untuk berpikir realistis dan memperjuangkam hal yang sesuai kemampuan.

Tidak ada yang tau nasib setiap orang itu seperti apa. Namun mengerjakan sesuatu yang pasti-pasti akan membantumu untuk mudah mendapatkan target.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.