Kenapa Kerpibadian Orang Bisa Berubah?

oleh -26 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kalau kamu pernah bertemu dengan teman sekolah yang sudah bertahun-tahun tak bertemu. Pasti kamu menyadari ada dari mereka yang kerpibadiannya berubah dan tak lagi menjadi orang yang sama.

Atau bahkan kamu menyadari perubahan tersebut dalam diri kamu sendiri seiring berjalannya waktu. Itu menandakan kepribadian bukanlah sesutau yang stagnan dan bisa berubah dengan adanya faktor tertentu.

Kepribadian tidak permanen

Benjamin Hardy, PhD adalah seorang psikolog dan penulis asal Amerika yang telah mempublikasikan beberapa bukunya mengenai kepribadian. Dalam salah satu bukunya “Personality Isn’t Permanent”, ia mengatakan:

“Personality is not stable but changes regardless of whether you’re purposeful about that change or not.”

Meski kita tak bertujuan untuk mengubah kepribadian kita, perubahan kepribadian tetap akan dan bisa terjadi. Itu karena pada dasarnya kepribadian bukanlah hal yang “ajek”.

Memang, dalam buku tersebut Benjamin Hardy memberikan pandangan yang ekstrim dan reduksionis dalam memandang kepribadian yang selama ini kita tahu. Ia mengasumsikan bahwa: orang-orang yang mengikuti tes kepribadian akan “dibatasi” oleh sebuah profil.

Baca juga: Psikologi Kepribadian! Ketahui Pentingnya Karakter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.