,

Kucing Pallas, Si “Kucing Hantu” Dari Asia Tengah

oleh -297 views
Kucing Pallas yang tengah melihat kamera dan berpose

ZETIZEN RADAR CIREBON – Nama Kucing Pallas mungkin jarang atau bahkan sangat asing di telinga sobat. Kucing satu ini bukan jenis yang bisa dipelihara dan juga tidak bisa ditemukan di negeri kita. Ia merupakan kucing liar yang tinggal di tempat yang tersembunyi dan tempat di mana orang tak pernah menginjakkan kakinya. Kesannya yang misterius dan cukup sulit untuk di lihat yang membuatnya di sebut sebagai “kucing hantu” atau “ghost cat”. Nah, sobat yan kepo dengan kucing satu ini. Berikut beberapa fakta menarik mengenai kucing pallas. (tezz)

Memiliki nama latin Otocolobus Manul. Kucing Pallas merupakan kucing liar yang kini terancam punah pada tahun 2019 yang bersumber dari IUCN ( International Union for Corservation of Nature).

Alasan diberi nama “kucing pallas” dan  artinya

Kucing yang satu ini di beri nama “pallas” sebab, nama tersebut di berikan oleh seorang naturalis asal Jerman bernama Peter Simon Pallas pada tahun 1776. Kemudian nama ilmiahnya juga yaitu Otocolubus Manul berasal dari bahasa Yunani. “Otocolubu” sendiri berarti bertelinga jelek.

Karakteristik dan habitat pallas

Memiliki karakteristik berat tubuh berkisar 2-4,5 kg, memiliki tubuh yang ringkas, berkkai pendek, berbulu pendek, berbulu tebal dan wajah berjanggut berekspresi layaknya Grumpy Cat. Kucing satu ini tinggal di pegununga, padang rumput stepa, dan medan semi gurun. Kucing jenis ini suka hidup menyendiri di gua-gua atau lubang-lubang tersembunyi.

Baca juga: Berkenalan Dengan Ikan Pari Manta

Spesies kucing liar dari asia tengah

Kucing yang satu ini  bisa di temukan di negara bagian asia tengah seperti Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Uzbekistan, pakistan, dan Turkmenistan. Meskipun hanya bagian asia tengah saja. Kucing satu ini pun ada di negara Cina Barat, Mongolia, India, dan Rusia.

Mempunyai bulu yang lebat bak mantel dan menggemaskan

Mereka memiliki bulu yang lebat hingga membuatnya terlihat lebih besar dari ukuran aslinya. Bulu yang tebal ini juga membantu kucing Pallas untuk tetap hangat ketika suhu mencapai minus 50 derajat Celsius.

Bulu di bagian perut dan ekor yang lebih panjang akan menghangatkan mereka ketika memasuki musim dingin. Pertumbuhan bulunya juga di tentukan oleh musim, jika memasuki musim dingin maka bulunya akan tumbuh lebih lebat dan panjang.

Bentuk pupil yang vertikal

Kucing Pallas memiliki pupil mata berbentuk bulat. Bentuk pupil semacam ini dimiliki oleh jenis kucing liar yang besar seperti harimau atau singa. Hal tersebut dikaitkan dengan cara berburu yang berbeda di mana kucing satu ini merupakan pemburu dan penyergap mangsanya.

Baca lainya juga: Yuk! Kenalan Sama Meerkat, Hewan Menggemaskan Penghuni Afrika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.