Menenangkan Hati dan Pikiran dengan Cara Ini!

oleh -21 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Agar selalu tetap sehat, pikiran dan hati kita harus d iupayakan agar menenangkan hati dan pikiran agar tidak stress.

Apabila stres maka sudah dipastikan imunitas tubuh kita akan menurun dan virus penyakit akan lebih mudah menyerang tubuh kita. Untuk itu coba 5 cara menenangkan hati dan pikiran dan waktu 15 menit ini.

1. Berpikir positif

Kecemasan membawa banyak hal dan pikiran yang negatif, dan karena itu sangat penting untuk mencoba berpikir positif. Berpikir positif akan membawa dampak baik pada upaya untuk mengatasi kecemasan dan cara menghilangkan ketakutan berlebihan.

2. Berdoa

Berdoa adalah cara menenangkan jiwa dan fikiran paling mudah yang bisa kita lakukan, juga ada waktu waktu mustajab untuk kita berdoa sesuai dengan agama kita masing-masing.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Mental

3. Cari Tempat Sunyi

Menurut seorang ahli psikologi kognitif Pierce Howard dalam bukunyaThe Owner’s Manual of the Brain, pergi kesuatu tempat di mana kamu memilki privacy bisa menjadi cara terbaik untuk menenangkan pikiran.

Pierce Howard meyarankan untuk kekamar mandi dan berada di sana untuk beberapa menit sendiri. Jika kamu di rumah, masuk ke kamar tidur atau tempat yang terasa menyenangkan.

4. Luapkan Unek-Unek

Coba hubungi teman terdekatmu. Pastikan untuk memberitahu dia untuk tidak mencoba untuk mengatasi apapun, tapi hanya perlu pendengar. Setelah kamu selesai mengeluarkan unek-unek, sangat di sarankan untuk melepaskannya kembali.

Baca juga: Pentingnya Berpikir Rasional di Setiap Situasi

5. Teknik Pernapasan

Tarik nafas dalam-dalam sebanyak 10 kali. Pernafasan nyatanya dapat membantumu memulihkan keseimbangan antara sistem saraf parasympathetic (atau restoratif) dan saraf sympathetic.

Untuk melindungi reaksi alamiah tubuh terhadap situasi yang membuatmu stres, hal tersebut seperti yang di jelaskan oleh Brian Knutson, seorang asisten Profesor psikologi dan Neuroscience di Stanford University. Begini cara melakukan teknik pernafasannya:

  • Pertama-tama, ambillah posisi duduk atau berbaring telentang yang nyaman.
  • Letakkan satu tangan di perut, tepat di bawah tulang rusuk dan tangan satunya lagi di dada.
  • Ambil napas dalam-dalam melalui hidung, dan rasakan perut kamu mendorong tangan kamu keluar. Dada kamu seharusnya tidak bergerak saat mengambil napas.
  • Hembuskan napas melalui bibir yang mengerucut seperti kamu sedang bersiul. Rasakan tangan di perut kamu masuk dan dorong semua udara keluar.
  • Lakukan pernapasan ini 3–10 kali.

Berikut tadi 5 cara untuk menenangkan hati dan pikiran dalam 15 menit. Hal ini boleh di lakukan untuk kamu para pemilik usaha yang sering tidak tenang di karenakan banyak hal seperti atap roboh di karenakan hujan lebat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.